Binyat Al Nahr Li Thoha Husein (dirasah Tahliliyyah Binyawiyyah)

Annisa Muflikhah S, NIM. 15110105 (2019) Binyat Al Nahr Li Thoha Husein (dirasah Tahliliyyah Binyawiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Binyat Al Nahr Li Thoha Husein (dirasah Tahliliyyah Binyawiyyah))
15110105_Bab I-IV- Daftar-Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Binyat Al Nahr Li Thoha Husein (dirasah Tahliliyyah Binyawiyyah))
15110105-Bab II Sampai Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Thoha Husein adalah salah satu sastrawan Mesir pada abad ke-20. Salah satu karyanya yaitu novel yang berjudul Ma Wara 'a An-Nahr. Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti bagaimana struktur aktan dalam novel Ma Wara 'a An-Nahr dan bagaimana hubungan struktur aktan dan struktur fungsional yang membangun cerita dalam novel tersebut, ditinjau dari analisis struktur aktan. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap struktur aktan dalam novel Ma Wara 'a An-Nahr, sekaligus mengungkap hubungan struktur aktan dan struktur fungsional yang terkandung dalam novel tersebut. Peneliti menganalisis novel tersebut dengan menggunakan teori strukturalisme naratologi A.J Greimas dengan menganalisis struktur naratif terkecil suatu cerita (aktan). A.J Greimas membagi aktan dalam enam kategori aktan yang disusun secara berpasangan (oposisi biner), yaitu: 1. Subjek dan Objek; 2. Pengirim dan Penerima; 3. Penghalang dan Penolong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan mengkaji pustaka (library research). Peneliti mengambil dan mengumpulkan datanya dari novel Ma Wara 'a An-Nahr. Berdasarkan hasil analisis struktur aktan dan struktur fungsional cerita Ma Wara An-Nahr, peneliti menemukan 18 struktur aktan dan struktur fungsional. Hasil hubungan antara struktur aktan dan struktur fungsional dapat ditemukan bahwa aktan ke 18 merupakan aktan utama. Aktan 18 dijadikan sebagai aktan utama, karena aktan ke 18 menimbulkan rangkaian peristiwa yang menjadi struktur cerita Ma Wara 'a An-Nahr. Kata kunci: Novel Ma Wara 'a An-Nahr, Struktur Aktan A.J Greimas, Hubungan Struktur Aktan dan Struktur Fungsional dalam novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Novel Ma Wara 'a An-Nahr, Struktur Aktan A.J Greimas, Hubungan Struktur Aktan dan Struktur Fungsional dalam novel.
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Aug 2019 09:14
Last Modified: 22 Aug 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum