STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA

MUHAMMAD WAHYUDIN RIZAL, NIM. 12140076 (2019) STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA)
12140076_BAB-1_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA)
12140076_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This research aims to: (1) To find out how the promotion strategy through social media in Grhatama Library Yogyakarta. (2) To find out the promotion process through social media conducted by Grhatama Library Yogyakarta. (3) To find out the results achieved by Grhatama Library of Yogyakarta in the use of social media as a means of library promotion. This research is a qualitative research, with the research subject of Grhatama Pustaka social media manager. Data collection is done using the method of observation, interviews and documentation. Check the validity of this data using triangulation techniques. Data analysis carried out in this study is data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study show that: Promotion carried out by Grhatama Library on social media utilizes three types of platforms, namely Facebook, Twitter, and Instagram. Promotional strategies through social media are carried out by Grhatama library namely Any Place, New Brand, Collaboration and Communication, Discovery, and Experience. The process of promotion in social institutions is carried out by Grhatama Library through several stages, namely: (a) Forming a Social Media Team. (b) Make a concept regarding the content to be displayed. (c) Selecting content that will be displayed in social media. (d) Publish content. In the promotion process through the media Grhatama Library has the objectives, namely: (1) To inform the services provided and deliver the latest information. (2) To persuade people to want to visit the library by displaying posts about the facilities they have and also the benefits to the community. (3) To remind the public of the various activities that will be carried out by the Grhatama library to the community. (4) To find out the response from the public regarding the information submitted whether it is in accordance with the needs of the community or not. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi promosi melalui media sosial di Grhatama Pustaka Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui proses promosi melalui media sosial yang dilakukan oleh Grhatama Pustaka Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai Grhatama Pustaka Yogyakarta dalam pengunaan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian pengelola media sosial Grhatama Pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Promosi yang dilakukan oleh Grhatama Pustaka di media sosial memanfaatkan tiga jenis platform yaitu facebook, twitter, dan instagram. Strategi promosi melalui media sosial yang dilakukan oleh Grhatama pustaka yaitu Any Place, New Brand, Collaboration dan Comunication, Discovery, dan Experience. Proses promosi di mdia sosial yang dilakukan oleh Grhatama Pustaka melalui beberapa tahapan yaitu: (a) Membentuk sebuah TIM Media Sosial. (b) Membuat konsep terkait konten yang akan ditampilkan. (c) Menseleksi konten-konten yang akan ditampilkan di medias sosial. (d) Mempublikasikan konten. Dalam proses promosi melalui media tersebut Grhatama Pustaka memiliki tujuan yaitu: (1) Untuk menginformasikan layanan yang diberikan maupun menyampaikan informasi yang terbaru. (2) Untuk membujuk orang agar mau mengunjungi perpustakaan dengan menampilkan postingan mengenai fasilitas yang dimiliki dan juga manfaatnya bagi masyarakat. (3) Untuk mengingatkan kembali ingatan masyarakat tentang berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh Grhatama pustaka kepada masyarakat. (4) Untuk mengetahui respon dari masyarakat mengenai informasi yang disampaikan apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Labibah, M.Lis
Uncontrolled Keywords: Library Promotion, Social Media, Informati, Promosi Perpustakaan, Media sosial, Informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2019 09:32
Last Modified: 28 Nov 2019 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum