SIKAP PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH TERHADAP PODCAST SEBAGAI INOVASI MEDIA DAKWAH

ILMA FADHILAH, NIM 15210102 (2019) SIKAP PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH TERHADAP PODCAST SEBAGAI INOVASI MEDIA DAKWAH. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (SIKAP PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH TERHADAP PODCAST SEBAGAI INOVASI MEDIA DAKWAH)
15210102_BAB-I_ATAU_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (SIKAP PIMPINAN PUSAT IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH TERHADAP PODCAST SEBAGAI INOVASI MEDIA DAKWAH)
15210102_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Berangkat dari munculnya Podcast sebagai bentuk media baru yang saat ini mulai diminati kalangan muda, peneliti ingin mengetahui apakah Podcast dapat menjadi inovasi media dakwah Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara elemen proses penerimaan inovasi dengan sikap Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah terhadap Podcast sebagai inovasi media dakwah. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media dakwah, teori difusi inovasi, teori Podcast, dan teori sikap. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji validitas dan uji reliabilitas dihitung menggunakan SPSS versi 16 untuk memudahkan peneliti dalam perhitungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang dimana teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sampel. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis parametrik dengan rumus Person Product Moment dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah mendukung Podcast sebagai inovasi media dakwah. Kemudian hasil perhitungan antara elemen proses penerimaan inovasi dan sikap dengan rumus korelasi Pearson Product Moment menunjukkan r tabel 0,312 dan nilai koefisien korelasi 0,797. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara elemen proses penerimaan inovasi dengan sikap Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah terhadap Podcast sebagai inovasi media dakwah, karena 0,797 ˃ 0,312. Penelitian ini menunjukkan jika semakin positif proses penerimaan Podcast sebagai inovasi media dakwah oleh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah, maka sikap yang terbentuk juga positif. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 63.52% diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sikap, Podcast, Media Dakwah, dan Teori Difusi Inovasi
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:51
Last Modified: 05 Dec 2019 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum