SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (studi kasus: PT. Mandiri Jogja Internasional)

Dimas Pebri Setiawan, NIM. 12660003 (2019) SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (studi kasus: PT. Mandiri Jogja Internasional). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (studi kasus: PT. Mandiri Jogja Internasional))
1260003_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (studi kasus: PT. Mandiri Jogja Internasional))
1260003_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT. Mandiri Jogja Internasional adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kerajinan kulit. Penjualan produk-produk PT. Mandiri Jogja Internasional masih terjadi ketidakstabilan penjualan dari bulan ke bulan, dengan sistem Make To Stock yang digunakan oleh perusahaan, hal ini akan menjadi kendala ketika terjadi penumpukan stock salah satu produk dan tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh perusahaan. Melihat permasalahan tersebut, maka dibutuhkan strategi pengembangan pada PT. Mandiri Jogja Internasional guna mengatasi permasalahan penumpukan stock tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal perusahaan yaitu kekuatan dan kelemahan. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor eksternal perusahaan yaitu ancaman dan peluang. (3) Mencari posisi perusahaan berdasarkan metode analisis matriks internal eksternal. (4) Menentukan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk ditetapkan oleh PT. Mandiri Jogja Internasional. Berdasarkan hasil matriks IFE diketahui bahwa kekuatan utama perusahaan adalah variabel pemenuhan keinginan konsumen dengan skor 0,233 sedangkan kelemahan utama adalah lokasi usaha dengan skor 0,086. Sedangkan berdasarkan hasil matriks EFE diketahui bahwa peluang utama yang dimiliki perusahaan adalah variabel daya beli masyarakat dengan skor 0,173 sedangkan ancaman terbesar yaitu variabel daya saing harga dengan skor 0,053. Hasil dari penelitian matriks IE menunjukan posisi perusahaan pada kuadran IV. Hasil dari analisis SWOT, dihasilkan 7 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaab dan berdasarkan dari matriks SWOT, dari 7 alternatif strategi yang ada terdapat strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu memperluas produk ke pangsa pasar internasional dengan skor TAS tertinggi yakni 5,466.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Analisis EFE, Analisis IFE, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM, Pemasaran.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2019 13:12
Last Modified: 13 Dec 2019 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum