ANALISIS STRATEGI BERSAING DI TAMAN AIR PEMANCINGAN 100 JANTI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Taman Air Pemancingan 100)

Mukharomatul Masruroh, NIM. 12660005 (2019) ANALISIS STRATEGI BERSAING DI TAMAN AIR PEMANCINGAN 100 JANTI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Taman Air Pemancingan 100). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI BERSAING DI TAMAN AIR PEMANCINGAN 100 JANTI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Taman Air Pemancingan 100))
12660005_BAB-I_V-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI BERSAING DI TAMAN AIR PEMANCINGAN 100 JANTI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Taman Air Pemancingan 100))
12660005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tempat wisata sekarang ini kian marak, salah satunya tempat wisata air yang berada di deda Janti Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Taman Air Pemancingan 100 Janti merupakan tempat wisata air yang menyediakan water boom, kolam renang, pemancingan, dan kuliner dalam satu tempat yang sama. Karena tempat wisata di desa Janti sangat banyak dan persaingannya sangat ketat, maka diperlukan pemilihan strategi bersaing yang tepat dan paling sesuai agar dapat bertahan dan unggul dalam persaingan. Dengan banyaknya pesaing, apakah strategi yang digunakan saat ini sudah tepat? Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi bersaing yang paling tepat dan sesuai untuk Taman Air Pemancingan 100 Janti dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada pengelola dan empat divisi.Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh bahwa nilai total skor IFE dan EFE sebesar 3,417 dan 3,102. Selanjutnya dilakukan tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan SWOT. Hasil matriks IE menyatakan bahwa Taman Air Pemancingan 100 Janti menempati kuadran I yang berarti strategi yang digunakan adalah strategi insentif. Sedangkan pengolahan matriks SWOT menghasilkan 9 strategi alternatif yang nantinya dapat digunakan perusahaan agar mampu bertahan dan unggul dalam persaingan. Selanjutnya berdasarkan dari matriks QSPM, dari 9 alternatif strategi yang ada terdapat satu strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu menciptakan wahana permainan da kolam renang yang unik guna menjadi tempat wesata yang lebih unggul dengan skor TAS 6,103.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Taman Air Pemancingan 100 Janti, strategi bersaing, matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, matriks SWOT, QSPM
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2019 13:19
Last Modified: 13 Dec 2019 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum