SKRIPSI PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DAERAH BANTUL DENGAN METODE SAVING MATRIX DAN ALGORITMA SWEEP (Studi Kasus pada Divre Bulog gudang Bantul)

Siti Dinar Rezki Ramadhani, NIM. 15660010 (2019) SKRIPSI PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DAERAH BANTUL DENGAN METODE SAVING MATRIX DAN ALGORITMA SWEEP (Studi Kasus pada Divre Bulog gudang Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DAERAH BANTUL DENGAN METODE SAVING MATRIX DAN ALGORITMA SWEEP (Studi Kasus pada Divre Bulog gudang Bantul))
15660010_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DAERAH BANTUL DENGAN METODE SAVING MATRIX DAN ALGORITMA SWEEP (Studi Kasus pada Divre Bulog gudang Bantul))
15660010_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan pengiriman sangat penting bagi perusahaan untuk menghantarkan suatu produk kepada konsumennya yang tersebar di berbagai daerah. Penentuan rute pengiriman bisa memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai seperti tujuan untuk meminimumkan biaya pengiriman, meminimumkan waktu atau meminimumkan jarak tempuh. Oleh karena itu untuk pemilihan metode penentuan rute secara tepat harus dilakukan oleh perusahaan dengan benar-benar optimal untuk meminimasi biaya distribusi. Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) adalah sebuah lembaga pangan di Indonesia yang mengurusi tata niaga beras. Pada pendistribusian beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) daerah Bantul belum memiliki rute distribusi yang ditetapkan oleh perusahaan, sehingga rute tidak tetap akan mempengaruhi jarak tempuh dan pengeluaran biaya distribusi berlebih. Tujuan penilitian ini adalah membandingkan rute pendistribusian beras dari gudang ke Rumah Pangan Kita (RPK) wilayah pengiriman di Daerah Bantul untuk meminimasi biaya. Penyelesaian permasalahan menggunakan metode saving matrix (Nearest neighbor, Nearest insert, Farthest Insert) dan algoritma sweep (Nearest neighbor) yang merupakan metode heuristic, metode ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam transportasi penentuaan rute, dan dapat mengurangi biaya distribusi. Berdasarkan penelitian diperoleh perbandingan jarak antar metode dimana saving matrix nearest neighbor dengan jarak 370.9 km, saving matrix nearest insert 408.9 km, saving matrix farthest Insert 591 km dan sweep 441.8 km. sedangkan perbandingan biaya yang diperoleh ialah saving matrix nearest neighbor dengan biaya Rp. 7,122,503, saving matrix nearest insert Rp. 7,178,417, saving matrix farthest Insert Rp. 7,446,364 dan sweep Rp. 7,257,429. Metode yang diusulkan untuk perusahaan ialah metode saving matrix Nearest Neigbor dengan penghematan jarak sebesar 43% dan penghematan biaya sebesar 9.4 % dari rute awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cahyono Sigit Pramudyo, S.T,.M.T,.D.Eng
Uncontrolled Keywords: Bulog, penentuan rute, saving matrix, algoritma sweep
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:54
Last Modified: 16 Dec 2019 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum