PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA BERAS (BPNT) BANTUAN PANGAN NON TUNAI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOUR ALGORITHM AND TABU SEARCH

Hafizhta Aryunda Tanggono, NIM. 15660031 (2019) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA BERAS (BPNT) BANTUAN PANGAN NON TUNAI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOUR ALGORITHM AND TABU SEARCH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA BERAS (BPNT) BANTUAN PANGAN NON TUNAI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOUR ALGORITHM AND TABU SEARCH)
15660031_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA BERAS (BPNT) BANTUAN PANGAN NON TUNAI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOUR ALGORITHM AND TABU SEARCH)
15660031_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

BULOG merupakan perusahaan pengelola bahan pangan bagi masyarakat. Program utama BULOG adalah melakukan pendistribusian beras. Salah satu program baru yang dimiliki oleh BULOG adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dalam melakukan pendistribusian beras BPNT, pembagian rute masih dilakukan secara manual yang menyebabkan kurang efektifnya rute pendistribusian. Selain itu permasalahan overload pada kapasitas armada masih sering terjadi. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada perusahaan dapat dilakukan pengembangan model penentuan rute, yaitu Vehicle Routing Problem (VRP). Dalam penelitian digunakan pendekatan CVRP dimana penentuan rute berdasarkan kapasitas armada. Pada penelitian ini metode metaheuristik digunakan untuk menyelesaikan CVRP. Metode yang digunakan adalah Nearest neighbour dan Tabu search. Nearest neighbour digunakan untuk menentukan solusi awal dan dioptimalkan dengan Tabu search. Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada peneliti menggunakan aplikasi MATLAB tahun versi 2015. Hasil yang didapatkan yaitu total jarak tempuh sebesar 110,05 km. Rute usulan mengalami perbaikan sebesar 16,5% lebih baik dibandingkan dengan rute perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T., D.Eng.
Uncontrolled Keywords: CVRP, Nearest neighbour, Tabu search
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2019 15:12
Last Modified: 16 Dec 2019 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum