SIMULASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ACCESS CONTROL LIST (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)

KHARISMA AZDHI PRATAMA, NIM. 12651078 (2019) SIMULASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ACCESS CONTROL LIST (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SIMULASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ACCESS CONTROL LIST (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA))
12651078_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SIMULASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ACCESS CONTROL LIST (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA))
12651078_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Keamanan Jaringan merupakan salah satu hal yang penting didalam membangun jaringan konputer, terlebih jika jaringan memiliki pengguna yang sangat banyak seperti Jaringan Komputer Kampus (Universitas). Model Jaringan Komputer sangatlah banyak. Akantetapi hanya beberapa saja yang dapat diimplementasikan sesuai dengan keperluan Kampus. Diantaranya ialah Hierarchical Network Model, Hierarchical Network Model adalah model jaringan yang membagi jaringan menjadi 3 lapisan yaitu Core Layer, Distributional Layer, dan Access Layer. Masing-masing layer memiliki tugas dan fungsi tersendiri yang memudahkan seorang admin jaringan untuk mengatur jaringan tersebut. Jaringan komputer juga dipengaruhi oleh factor pengguna yang akan menggunakan jaringan tersebut. Keahlian pengguna dalam jaringan komputer juga berbagai macam sehingga perlu di adakannya pengamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh Karena itu digunakanlah Access Control List yang berfungsi sebagai filter atau penyeleksi konektifitas yang masuk maupun yang keluar dari jaringan komputer tersebut yang jika tidak dibatasi dapat menyebabkan masalah-masalah yang dapat memperlambat koneksi jaringan dan juga merugikan pihak kampus maupun mahasiswa lainnya yang juga menggunakan jaringan tersebut. Dalam Penelitian ini menggunakan Packet Tracer 7.2.1 sebagai media simulasi jaringan yang akan digunakan untuk membuat topologi jaringan yang berada di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Berdasarkan hasil konfigurasi dan pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam membuat dan mengamankan jaringan komputer kampus harus mempertimbangkan beberapa hal yang dapat mempengaruhi keamanan dan kelancaran dari jaringan komputer tersebut. Hasil akhir dari penelitian tesebut dapat menjadikan pertimbangan untuk Jaringan Komputer asli yang berada di UIN Sunan Kalijaga karena pengujian keamanan jaringan tersebut mengganggu kegiatan belajar mengajar dan aktivitas yang berada di UIN Sunan Kalijaga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T.
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Keamanan Jaringan,, Access Control List, Packet Trace.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Dec 2019 08:26
Last Modified: 18 Dec 2019 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum