PENGARUH SIMPLISIA BATANG SERAI WANGI, DAUN PANDAN WANGI DAN DAUN KEMANGI TERHADAP HAMA GUDANG Sitophilus oryzae L. PADA BERAS C4

Listianto, NIM. 14640032 (2019) PENGARUH SIMPLISIA BATANG SERAI WANGI, DAUN PANDAN WANGI DAN DAUN KEMANGI TERHADAP HAMA GUDANG Sitophilus oryzae L. PADA BERAS C4. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIMPLISIA BATANG SERAI WANGI, DAUN PANDAN WANGI DAN DAUN KEMANGI TERHADAP HAMA GUDANG Sitophilus oryzae L. PADA BERAS C4)
14640032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIMPLISIA BATANG SERAI WANGI, DAUN PANDAN WANGI DAN DAUN KEMANGI TERHADAP HAMA GUDANG Sitophilus oryzae L. PADA BERAS C4)
14640032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Beras menjadi salah satu produk pascapanen yang sering mendapat gangguan hama gudang selama penyimpanan. Salah satu hama gudang yang paling dominan menyerang beras ialah kutu beras (Sitophilus oryzae L.). Selama perkembangan dari telur hingga imago Sitophilus oryzae L. dapat menurunkan produksi sampai 20% hanya dalam waktu 5 minggu. Selama ini penanganan Sitophilus oryzae L. masih menggunakan pestisida buatan yang dapat mencemari lingkungan. Diperlukan adanya bahan yang bersifat ramah lingkungan untuk membasmi hama Sitophilus oryzae L. Simplisia nabati merupakan bahan yang terbuat dari tanaman dan ramah lingkungan. Beberapa tanaman yang dapat dijadikan simplisia nabati dan memiliki kandungan zat penolak (Repellent) terhadap serangga ialah daun pandan wangi, batang serai wangi, dan daun kemangi. Kandungan repellent yang terdapat pada simplisia daun pandan wangi dan batang serai wangi ialah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Simplisia daun kemangi memiliki kandungan yang sama kecuali polifenol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas batang serai wangi, daun pandan wangi dan daun kemangi yang sesuai sebagai simplisia untuk mencegah serangan hama kutu beras (Sitophilus oryzae L.). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 15 perlakuan (4 perlakuan setiap simplisia dan 1 perlakuan kontrol), masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali kecuali kontrol. Berdasarkan data hasil Anova one way didapatkan bahwa ketiga jenis simplisia mampu menghambat pertumbuhan larva Sitophilus oryzae L. Jumlah individu yang mampu berkembang menjadi larva paling sedikit terdapat pada perlakuan simplisia batang serai wangi dengan massa 11,25 g. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa simplisia yang paling efektif untuk membasmi kutu beras dengan menghambat pertumbuhan larva kutu beras ialah batang serai wangi dengan massa 11,25 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M. Si
Uncontrolled Keywords: beras, simplisia nabati, Sitophilus oryzae L., daun pandan wangi, batang serai wangi, daun kemangi, repellent
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 09:28
Last Modified: 02 Jan 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum