PENERAPAN TEOREMA DEKOMPOSISI NILAI SINGULAR PADA ENKRIPSI DENGAN PLAINTEXT BERUPA KARAKTER AKSARA JAWA PADA CAESAR, VIGENERE DAN AFFINE CIPHER

MA’RIFAH, NIM. 15610039 (2019) PENERAPAN TEOREMA DEKOMPOSISI NILAI SINGULAR PADA ENKRIPSI DENGAN PLAINTEXT BERUPA KARAKTER AKSARA JAWA PADA CAESAR, VIGENERE DAN AFFINE CIPHER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEOREMA DEKOMPOSISI NILAI SINGULAR PADA ENKRIPSI DENGAN PLAINTEXT BERUPA KARAKTER AKSARA JAWA PADA CAESAR, VIGENERE DAN AFFINE CIPHER)
15610039_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEOREMA DEKOMPOSISI NILAI SINGULAR PADA ENKRIPSI DENGAN PLAINTEXT BERUPA KARAKTER AKSARA JAWA PADA CAESAR, VIGENERE DAN AFFINE CIPHER)
15610039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu tujuan kriptografi yaitu menjaga kerahasiaan dan keamanan suatu pesan teks. Pada zaman dahulu salah satu cara untuk menjaga kerahasiaan suatu pesan teks dilakukan dengan menerjemahkan pesan ke dalam bahasa kuno. Pada penelitian ini akan diterapkan konsep yang sama, yakni dengan mengubah pesan teks ke dalam bentuk karakter aksara jawa, agar meningkatkan keamanan dari suatu pesan dan mempersulit orang lain memahami pesan yang akan dikirim kepada penerima pesan. Dalam hal ini, keilmuan matematika terutama di dalam aljabar linear yaitu teorema dekomposisi nilai singular digunakan sebagai metode untuk mencari suatu kunci yang akan digunakan pada proses enkripsi dan dekripsi. Proses enkripsi teks dilakukan dengan memasukkan pesan teks berupa karakter aksara jawa yang telah dikodekan ke dalam bentuk bilangan bulat, kemudian akan digunakan teorema dekomposisi nilai singular atau biasa dikenal Singular Value Decomposition (SVD) yang merupakan pokok-pokok dari aljabar linear. Dengan mendefinisikan matriks Am�n yang selanjutnya akan diterapkan proses perhitungannya pada caesar cipher, vigenere cipher dan affine cipher, maka akan diperoleh suatu ciphertext atau tes sandi. Kemudian dilakukan proses dekripsi dengan membalikkan persamaan pada proses enkripsi untuk memperoleh pesan teks yang asli atau plaintext.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zaki Riyanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: SVD, enkripsi, dekripsi, aksara jawa, caesar cipher, vigenere cipher, affine cipher.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 15:27
Last Modified: 02 Jan 2020 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum