KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI KELAS II MI MA’ARIF KRADENAN SRUMBUNG MAGELANG

Awalul Ma’rifatun Khasanah, NIM. 12480015 (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI KELAS II MI MA’ARIF KRADENAN SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI KELAS II MI MA’ARIF KRADENAN SRUMBUNG MAGELANG)
12480015_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI KELAS II MI MA’ARIF KRADENAN SRUMBUNG MAGELANG)
12480015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan selalu karena ia kurang menguasai bahan, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan mengasikkan. Keterampilan mengajar guru sangat penting melebihi pentingnya penguasaan bahan ajar. Dengan demikian guru hendaknya memiliki kompetensi pedagogik yang memadai. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) penguasaan kompetensi pedagogik guru kelas II untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif, (2) upaya yang dilakukan MI Ma’arif Kradenan Srumbung Magelang untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menciptakan kelas yang kondusif pada kelas II. Penulisan ini adalah penulisan kualitatif Field research atau jenis penulisan lapangan. Penulisan ini dilakukan di kelas II MI MA’arif Kradenan, Srumbung, Magelang yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswi dan 11 siswa tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan (Observation), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru dalam menciptakan iklim kelas kondusif sudah sesuai indikator yang ada. Namun yang lebih menonjol yaitu pada indikator pertama dan ke empat. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan karakteristik peserta didik dapat menumbuhkan hubungan yang baik antar warga kelas. Kemudian indikator yang berpengaruh selanjutnya adalah indikator ke empat kompetensi pedagogik guru dengan indikator iklim kelas ke tiga tentang penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik berpengaruh terhadap aktifitas belajar mengajar. (2) Upaya Madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru antara lain: mengadakan kemitraan sekolah, pelatihan berjenjang khusus, mengikutsertakan guru dalam Workshop dan mengundang pakar yang berkompeten dalam bidangnya, serta memberi kebebasan guru dalam diskusi masalah pendidikan vii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo,S.Pd.I, M. Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik guru, Iklim kelas kondusif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 10:00
Last Modified: 03 Jan 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum