PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 7(0$7,. ', .(/$6 ,9 0, 0$¶$5,) 18 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA

DEA AMELIA HARITS, NIM.: 15480005 (2019) PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 7(0$7,. ', .(/$6 ,9 0, 0$¶$5,) 18 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 7(0$7,. ', .(/$6 ,9 0, 0$¶$5,) 18 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA)
15480005_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 7(0$7,. ', .(/$6 ,9 0, 0$¶$5,) 18 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA)
15480005_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mind Map adalah salah satu metode yang dapat mengoptimalkan daya ingat peserta didik karena metode ini menggunakan gambar, garis, warna, simbol yang dapat merangsang beberapa indera anak, selain itu mind map mampu memaksimalkan kedua belah otaknya. Dengan memaksimalkan kedua belah otaknya (otak kanan dan kiri) dalam pembelajaran, maka yang terjadi adalah siswa akan mengingat dengan mudah, cepat, dan tahan lama daya ingatnya. Mind map juga merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan anak menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap daya ingat peserta didik pada pembeODMDUDQ WHPDWLN GL NHODV ,9 0, 0D¶DULI NU 02 Tamansari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen yang dilaksanakan dengan dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi GL NHODV ,9 0, 0D¶arif NU 02 Tamansari. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes isian singkat yang sudah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji statistika paired sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode mind map berpengaruh terhadap daya ingat peserta didik. Hal ini ditunjukan oleh Sig.(2-tailed) hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode mind map berpengaruh terhadap daya ingat peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Map, Daya Ingat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:34
Last Modified: 06 Jan 2020 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum