Nuryanda Azura, NIM.: 15480016 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN)
15480016_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN)
15480016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (726kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman, 2) berapa besar pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre experimental yaitu one grup pretest- postest. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Sleman yang berjumlah 61 peserta didik, sedangkan sampel diambil setengah dari populasi yang berjumlah 31 peserta didik yaitu peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Penelitian ini pengumpulan data menggunakan pretest posttest , sebelum melakukan penelitian instrument diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu, uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan teknik analisis menggunakan uji hipotesis uji paired sampel T- Tes dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar kelas II A MIN 1 Sleman. Terbukti dengan uji paired sampel T-Tes dengan nilai (Sig.2-tailed)= 0,001< 0,05yang mengatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Media celemek cerita memiliki sumbangan pengaruh sebesar 0,337 (33,7%) terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun sisanya 67,3% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Fitri Yuliawati, M.Pd.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Media, Celemek Cerita, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 09:51 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 09:51 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37228 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |