ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN (REASONING SKILL) SISWA TENTANG USAHA DAN ENERGI DI MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Nurul Fitarini Widarti, NIM. 14690011 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN (REASONING SKILL) SISWA TENTANG USAHA DAN ENERGI DI MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN (REASONING SKILL) SISWA TENTANG USAHA DAN ENERGI DI MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14690011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN (REASONING SKILL) SISWA TENTANG USAHA DAN ENERGI DI MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14690011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan penalaran (reasoning skill) siswa pada konsep usaha dan energi di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. 2) Kendala yang dihadapi siswa di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 58 siswa kelas X MIA di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non-tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes diagnostik two tier dan pedoman wawancara.. Hasil penelitian ini adalah 1) Kemampuan penalaran (reasoning skills) siswa berada pada kategori rendah. Pada pola penalaran untuk kategori formal didapatkan hasil persentase sebesar 0,00%, transisi sebesar 34,48%, dan konkrit sebesar 65,52%. Kemampuan penalaran (reasoning skills) siswa berdasarkan indikator didapatkan hasil proportional reasoning (PPR) sebesar 17,24%, control of variable (CV) sebesar 5,17%, probabilistic reasoning (PBR) sebesar 0,00% correlational reasoning (CR) sebesar 18,96% dan hypothetical deductive reasoning (HDR) sebesar 15,52%. Dari persentase tersebut didapatkan pola penalaran yang paling tinggi dimiliki siswa adalah correlational reasoning (CR) sebesar 18,96% dan yang terendah adalah probabilistic reasoning (PBR) sebesar 0,00%. 2) Kendala yang dihadapi siswa pada materi usaha dan energi adalah a) siswa masih kesulitan dalam memahami makna fisis dari konsep usaha dan energi b) siswa hanya terbiasa mengerjakan soal-soal matematis c) siswa masih cenderung menggunakan hapalan rumus dalam menyelesaikan sebuah soal tanpa memahami makna fisis pada konsep usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Usaha dan Energi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:52
Last Modified: 06 Jan 2020 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum