STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA

Tsania Widati Muharomah, NIM.: 15480045 (2019) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
15480045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
15480045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari persiapan guru yang pada umumnya dalam melaksanakan pembelajaran kurang baik, sehingga berdampak pada peserta didik yang kurang fokus dan bosan selama pembelajaran berlangsung. SD Jogja Green School menerapkan pembelajaran berbasis alam untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi-strategi yang digunakan guru dalam rancangan pembelajaran berbasis alam di kelas II SD Jogja Green School. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran berbasis alam di kelas II SD Jogja Green School. 3) Menganalisis dampak dari pelaksanaan pembelajaran berbasis alam terhadap sikap tanggung jawab peserta didik kelas II SD Jogja Green School. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu guru kelas, kepala sekolah, guru pendamping dan peserta didik kelas II. Untuk pengecekan keabsahan data dengan cara tiangulasi teknik dan menggunakan bahan referensi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis alam adalah strategi inkuiri dan strategi pembelajaran melalui pengalaman. 2) Dalam pelaksanaannya guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis alam dengan baik walaupun terkadang terdapat beberapa kendala seperti peserta didik yang belum bisa diatur, fokus terhadap pelajaran, dan melaksanakan pembelajaran sesuai mood peserta didik. 3) Pembelajaran berbasis alam berdampak positif terhadap sikap tanggung jawab pada diri peserta didik. Adapun indikator dari sikap-sikap tanggung jawab yang tampak antara lain: mencintai lingkungan sekitar, meminta maaf jika melakukan kesalahan, melaksanakan tugas dengan baik, menerima sanksi jika bersalah, menghargai perbedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami. S.Psi, M. A,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, Pembelajaran berbasis alam.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 09:46
Last Modified: 08 Jan 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum