MODEL MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KRANGGAN

Rina Arizki, NIM 15480101 (2019) MODEL MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KRANGGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KRANGGAN)
15480101_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KRANGGAN)
15480101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019 Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman guru tentang model manajemen kelas di kelas IV SD Negeri Kranggan, (2) Bagaimanakah model manajemen kelas yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri Kranggan, dan (3) Apa kendala yang dialami guru dalam menerapkan model manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri Kranggan dan bagaimana cara mengatasinya. Penelitian lapangan (field research) deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian dengan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian sesuai dengan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi menurut Dimyari dan Mudjiyono yaitu kondisi lingkungan kelas. Motivasi peserta didik meningkat dengan adanya penerapan model manajemen kelas oleh guru. Selain itu, hasil penelitian ini yaitu: 1) Model manajemen kelas yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu membentuk kelompok belajar secara heterogen, pengaturan tempat duduk, mengembangkan kemampuan bertanya, dan penegakkan disiplin.; 2) Kendala dalam menerapkan model manajemen kelas ini ialah tidak semua peserta didik mudah diatur dan ramai, siswa tidak langsung bergerak untuk mengubah formasi tempat duduk, dan ruangan kelas yang sempit.; 3) Upaya untuk mengatasi kendala penerapan model manajemen kelas yaitu guru memindahkan siswa tersebut ke kelompok lain yang posisinya di dekat meja guru, guru kelas menggunakan waktu sepulang sekolah untuk mengubah formasi tempat duduk, dan menggunakan formasi tempat duduk berkelompok dan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I, M.S.I., sebagai
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen kelas, Motivasi belajar, Faktor eksternal.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:22
Last Modified: 13 Jan 2020 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum