Al Insha' Al Talabiy Fi Kitab Bulugh Al Maram Min Adillat Al Ahkam Li Syaykh Ibn Hajar Al Asqalaniy (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ma'aniy)

Arof Nuryadi, NIM. 12110072 (2019) Al Insha' Al Talabiy Fi Kitab Bulugh Al Maram Min Adillat Al Ahkam Li Syaykh Ibn Hajar Al Asqalaniy (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ma'aniy). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Insha' Al Talabiy Fi Kitab Bulugh Al Maram Min Adillat Al Ahkam Li Syaykh Ibn Hajar Al Asqalaniy (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ma'aniy))
12110072_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Al Insha' Al Talabiy Fi Kitab Bulugh Al Maram Min Adillat Al Ahkam Li Syaykh Ibn Hajar Al Asqalaniy (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ma'aniy))
12110072_BAB-II_sampai_Sebelum_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul al-insya’ al-thalabi di dalam kitab Bulughul Maram karya Ibnu Hajar al-‘Asqalaniy kajian analisis ilmu Ma’ani. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi banyak ditemukan hadits di dalam kitab bulughul maram yang mengandung insya’ thalabi yang menyimpan makna asli dan majazi yang dapat diketahui dengan melihat bentuk kalimat dan keadaan qarinah-qarinahnya. Dan dipilihnya kitab bulugul maram dalam penelitian ini karena kitab bulughul maram merupakan salah satu kitab salaf yang masyhur di Indonesia terutama di kalangan pesantren yang ditulis oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalany, dan karena peneliti ingin agar para akademisi tidak melupakan kitab-kitab salaf dan menjadikannya sebagai referensi dalam bidang keilmuan, baik agama maupun umum. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti insya’ thalabi dalam kitab bulughul maram dengan mengajukan dua rumusan masalah. pertama, apa saja kalam insya’ thalabi yang terdapat di dalam kitab bulughul maram karya al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani?. Kedua, Apa makna dari setiap kalam insya’ thalabi yang terdapat dalam kitab Bulughul Maram karya al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode ini bertujuan untuk memaparkan atau mendeskripsikan tentang insya tholabi yang ada di dalam kitab bulughul maram. Dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan ilmu ma’ani dalam mengkaji dan meneliti hadits-hadits di dalam kitab bulughul maram untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam hadits-hadits tersebut, bermakna asli atau majazi. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan pada kitab bulughul maram dengan menggunakan metode dan pendekatan diatas, peneliti menemukan ada empat puluh tujuh hadits yang mengandung insya’ thalabiy yang terbagi dalam empat macam bentuk insya thalabi yaitu ‘Amr tiga puluh tiga hadits, Nahyi tiga belas hadits, Istifham empat hadits, dan Nida’ dua puluh hadits. Dan penulis tidak menemukan bentuk insya tholabi tamanni di alam kitab bulughul maram ini. Dan makna-makna yang terkandung dalam macam-macam bentuk insya tholabi tersebut beragam, ada yang bermakna asli dan ada yang bermakna majazi. Kata kunci: al-insya’ al-thalabi, bulughul maram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa dan sastra arab - studi dan pengajaran
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:02
Last Modified: 17 Mar 2020 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum