MARKETING MIX PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA

RANI PUTRI PRIHATIN, NIM 15490014 (2019) MARKETING MIX PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARKETING MIX PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490014_BAB-I_dan_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MARKETING MIX PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490014_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Lembaga pendidikan pada hakikatnya bertujuan untuk memberikan layanan yang baik kepada pengguna jasa pendidikan, layanan dari lembaga pendidikan dapat berbentuk fisik atau non fisik. Dengan layanan dan fasilitas yang baik maka akan menciptakan kepuasan pengguna jasa pendidikan, hal ini menjadi salah satu tujuan dari marketing untuk menarik minat yang lebih dan pemuasan pengguna jasa pendidikan. Dilihat dari hal tersebut maka lembaga pendidikan sangat memerlukan pemasaran jasa pendidikan guna untuk menjaga keberlangsungan suatu lembaga pendidikan. Marketing mix atau bauran pemasaran adalah jenis strategi dari perpaduan strategi pemasaran barang yang di asosiasikan dengan jasa, sehingga menjadi perpaduan yang tepat untuk menjadi strategi pemasaran dibidang jasa pendidikan untuk merespon persaingan lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta menjalankan strategi pemasaran jasa pendidikan jenis bauran pemasaran atau maketing mix untuk meningkatkan minat siswa baru, hal ini ditunjukkan dengan komponen strategi pemasaran yang dijalankan yaitu: produk (product), harga (price), lokasi/tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (proof), proses (process). Pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 5 Sleman berdampak positif, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah minat siswa baru dari tahun ke tahun. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa baru adalah MTs Negeri 5 Sleman mempunyai produk yaitu mempunyai program unggulan, people (orang) yaitu guru dan karyawan yang berpotensi, price biaya terjangkau, physical evidence yang menunjang pembelaaran, place lokasi yang strategis. Ketiga dalam melakukan pemasaran jasa pendidikan MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta juga memiliki penghambat dan pendukung yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program unggulan yang dimiliki oleh MTs negeri 5 Sleman. Sedangkan untuk pendukung yaitu madrasah mempunyai program unggulan yaitu tahfidz, literasi, sekolah ramah anak dan MTs Negeri 5 Sleman juga memiliki prestasi yang patut dibanggakan serta tenang kependidikan atau SDM yang mebih terampil dan berwawasan luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, Meningkatkan Minat, Siswa Baru
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:56
Last Modified: 23 Jan 2020 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum