ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) JQH AL-MIZAN DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Sulastri, NIM. 15490018 (2019) ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) JQH AL-MIZAN DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) JQH AL-MIZAN DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15490018_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) JQH AL-MIZAN DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15490018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan organisasi mahasiswa di lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen program yang meliputi proses perencanaan program, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengembangkan soft skill anggota UKM JQH al-Mizan sebagai mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi manajemen program di UKM JQH al-Mizan adalah: (a) perencanaan program melalui rapat kerja, pembuatan kurikulum, open recruitment, technical meeting tes seleksi dan tes seleksi calon anggota baru, (b) pengorganisasian yang meliputi pengalokasian pada kegiatan rutinan, pengalokasian event lomba, serta pembuatan panitia pada event besar, (c) pengorganisasian yang meliputi pengalokasian pada kegiatan rutinan, pengalokasian event lomba, serta pembuatan panitia pada event besar, (d) pengontrolan atau pengawasan yang meliputi rapat kinerja dan memberikan motivasi. (2) Hasil pengembangan soft skill: (a) pengembangan interaksi sosial atau kecakapan komunikasi, (b) kerja sama tim, (c) kemampuan memperluas jaringan, (d) religiuitas, (e) kemampuan mengelola organisasi atau disebut manajemen organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Pengembangan Soft Skill, Organisasi Mahasiswa
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:07
Last Modified: 23 Jan 2020 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum