ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DI MI ISLAMIYAH SUWAWAL 02 KABUPATEN JEPARA

AHMAD CHOIRONI, NIM. 15490050 (2019) ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DI MI ISLAMIYAH SUWAWAL 02 KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DI MI ISLAMIYAH SUWAWAL 02 KABUPATEN JEPARA)
15490050_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DI MI ISLAMIYAH SUWAWAL 02 KABUPATEN JEPARA)
15490050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi MI Islamiyah Suwawal 02 yang berada di desa plosok, dan dari segi kreativitas pembelajaran masih terbilang tertinggal jauh apabila dibandingkan dengan sekolah lain. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar guru-guru di MI Islamiyah Suwawal 02 yang masih kurang memiliki kreativitas dalam pembelajaran. Oleh sebab itu mengakibatkan pembelajaran murid-murid yang ada di Mi Islamiyah itu sendiri kurang edukatif, cenderung monoton dan membosankan. Sebagian besar guru hanya menerangkan materi pelajaran lewat ceramah ataupun teks saja. Adapun dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran dibutuhkan seorang pemimpin yang mampu memberikan dampak positif dalam perannya. Alasan peneliti melakukan penelitian di MI Islamiyah Suwawal 02 karena ingin mengetahui lebih dalam bagaimana peran seorang kepala madrasah yang baik dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran melalui pendekatan kepemimpinan transformasional Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala Madrasah, tiga guru,Tata Usaha, Karyawan dan tiga siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data di lapangan proses selanjutnya menganalisis dan mengolah data yang telah didapatkan dari transkip, koding, melabeli subvariabel Hasil dari kepemimpinan transformasional adalah Kepala sekolah mampu memepengaruhi bawahan dengan baik. Keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah disandarkan kepada salah satu teori atau model kepemimpinan. Salah satu model kepemimpinan di MI Islamiyah Suwawal 02 adalah kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang mampu mengubah energi sumber daya, baik manusia, instrumen, maupun situasi untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan transformasional memiliki sifat-sifat: kharismatik, kekuatan membangkitkan inspirasi para bawahan secara aktif, Kepemimpinan transformasional memiliki ciri-ciri: memiliki visi, individualized consideration, inspirational motivation Penerapan gaya kepemimpinan transfomasional Kepala sekolah terlihat pada kemampuan merumuskan visi, misi, dan program sekolah, menjadi agen perubahan, memiliki kharisma, memiliki empatik, menumbuhkan kreativitas, memberi kesempatan kepada semua unsur di sekolah. Penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah membawa pengaruh kepada menyelenggarakan proses pembelajaran yang secara profesional. Tercipta budaya dan iklim sekolah yang kondusif, tercapainya prestasi belajar siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, kreativitas Pembelajaran Guru
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:38
Last Modified: 27 Jan 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum