UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI BARU DI TK PERTIWI MANJUNG I KLATEN

RIFKHIANA MASFUFA, NIM. 14430071 (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI BARU DI TK PERTIWI MANJUNG I KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI BARU DI TK PERTIWI MANJUNG I KLATEN)
14430071_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI BARU DI TK PERTIWI MANJUNG I KLATEN)
14430071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Pertiwi I Klaten sebelum dilakukan tindakan tari kreasi baru (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan perkembangan motorik kasar melalui kegiatan tari kreasi baru (3) mengetahui seberapa meningkat kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun kelompok B setelah dilakukan kegiatan tari kreasi baru di TK Pertiwi Manjung I Klaten Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model penelitian oleh Kurt Levin. Subjek penelitian seluruh siswa kelompok B TK Pertiwi Manjung I Klaten yang berjumlah 18 anak. Pada penelitian tindakan kelas ini, objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui metode tari kreasi baru pada anak usia 5-6 tahun kelompok B. metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% dari 18 anak yang mampu lincah dalam melakukan gerakan tari dan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam melakukan gerakan tari kreasi baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pada penelitian siklus I masih kurang dari indikator keberhasilan lalu dilakukan siklus II hingga mencapai indikator keberhasilan. Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Hasil yang di perolehan pada siklus II menunjukkan peningkatan sesuai indikator keberhasilan. Pada siklus II indikator kelincahan anak dalam melakukan gerakan tari kreasi baru sebesar 94,44% dan indikator koordinasi antara kepala, tangan, dan kaki dalam melakukan gerak tari kreasi sebesar 95,67%, saat dilakukan observasi pra tindakan indikator kelincahan anak dalam melakukan gerakan tari kreasi sebesar 22,22% dan indikator koordinasi antara kepala, tangan, dan kaki dalam melakukan gerak tari kreasi sebesar 16,66%. Pelaksanaan pra tindakan menunjukkan kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan. Pada tindakan sikus I menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan. Siklus I indikator kelincahan anak dalam melakukan gerak tari kreasi sebesar 38,89% dan koordinasi antara kepala, tangan, dan kaki dalam melakukan gerakan tari kreasi sebesar 33,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, tari kreasi baru.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:19
Last Modified: 28 Jan 2020 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum