PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Tsalisun Nisa, NIM. 15430036 (2019) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN)
15430036_BAB I_&_BAB IV_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN)
15430036_BAB II_S.D_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui pengembangan produk buku cerita bergambar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan model ADDIE dan (2) mengetahui kelayakan produk buku cerita bergambar untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, tiga pendidik PAUD sebagai user, dan diresponkan kepada 34 peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evalution). Analysis berupa (meet assesment) dalam skala kecil berupa survey dibeberapa toko buku dan observasi serta wawancara didua lembaga PAUD. Design merupakan tahap perencanaan produk buku cerita bergambar yang merujuk pada kitab Mawaidul Ushfuriyah, menentukan materi pokok yang akan digunakan dalam membuat produk, dan mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat buku cerita bergambar. Development merupakan tahap pembuatan produk dan penilaian produk kepada dosen ahli. Implementation merupakan tahap diujikannya produk kepada 34 peserta didik usia 4-5 tahun. Evaluation merupakan tahap revisi dari hasil penelitian dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan buku cerita bergambar yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Inmplementation, And Evalution) melalui tahapan analisis kebutuhan, observasi, wawancara, pembuatan instrumen penilaian produk, pembuatan draft desain produk, pembuatan panduan cara menggunakan buku untuk orang tua dan guru, peninjauan oleh dosen pembimbing, dosen ahli, dan pendidik PAUD sebagai user. (2) Kelayakan buku cerita bergambar Sangat Baik (SB) dengan skor 80 dan presentase keidealan 100%. Menurut penilaian ahli media menunjukkan bahwa kelayakan buku cerita bergambar Baik (B) dengan skor 69 dan presentase keidealan 81,17%. Menurut penilaian pendidik PAUD sebagai user menunjukkan bahwa kelayakan buku cerita bergambar Sangat Baik (SB) dengan skor 80,5 dan presentase keidealan sebesar 94,7% dan menurut hasil respon uji coba kepada peserta didik menunjukkan bahwa kelayakan buku cerita bergambar Sangat Baik (SB) dengan skor 660,3 dan presentase keidealan sebesar 89,47%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas keseluruhan aspek maka produk buku cerita bergambar untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun ini dikatakan Layak dengan kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, buku cerita bergambar, penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:59
Last Modified: 29 Jan 2020 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum