UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL

Khosyi Khairunnisa, NIM. 15430084 (2019) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL)
15430084_ BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL)
15430084_ BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih tingginya jumlah anak yang belum mampu mengungkapkan pendapat dan mengeja kata dengan baik disebabkan metode pembelajaran guru yang monoton sehingga anak merasa bosan dan aktivitas anak pada kegiatan pembelajaran masih sangat rendah. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah media buku cerita bergambar untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini kelompok A taman kanak-kanak An-nur Colo Panjangrejo Pundong bantul. Subyek penelitian adalah kelompok A taman kanak-kanak An-Nur Colo yang berjumlah 17 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil aktivitas perkembangan bahasa anak melalui buku cerita bergambar dan perkembangan bahasa anak. kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, jika rata-rata skor hasil aktivitas telah mencapai 75% dan rata-rata skor hasil aktivitas perkembangan bahasa anak pada kategori tinggi telah mencapai lebih dari 75%. Sedangkan secara kualitatif, tindakan dikatakan berhasil jika buku cerita bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan perkembangan bahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penilaian perkembangan bahasa dan aktivitas anak di kelompok A pada siklus I sebesar 17,68% atau 3 orang anak dan meningkat pada siklus II sebesar 76,48% atau 13 orang anak dalam kategori tinggi. hal ini sesuai dengan standar keberhasilan secara kuantitatif minimal 75% dari jumlah anak didik yang mencapai kategori tinggi. Metode bercerita dengan buku cerita bergambar sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Dengan buku cerita bergambar anak semakin senang dan antusias. Penerapan buku cerita bergambar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mampu meningkatkan aktivitas anak selama kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan Bahasa, Buku Cerita Bergambar, Meningkatkan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:07
Last Modified: 03 Feb 2020 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum