Rifki Dwi Nur Rahmawati, NIM.15430088 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK JUZ’AMMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PETE MARGODADI SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK JUZ’AMMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PETE MARGODADI SEYEGAN SLEMAN)
15430088_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
|
Text (UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK JUZ’AMMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PETE MARGODADI SEYEGAN SLEMAN)
15430088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Belajar bukan hanya mengenai ilmu pendidikan, melainkan juga belajar mendalami ilmu agama dengan mengkaji al-qur’an dan menghafalkannya dari menghafal surat-surat pendek terlebih dahulu. Namun realitanya saat ini anak-anak lebih senang bermain gedjet daripada menghafalkan surat-surat pendek. Hal ini harus ditangani dengan serius untuk membenahi kekurangan dalam pendidikan, salah satunya melalui pembelajaran hafalan surat-surat pendek sejak dini. Hal ini membutuhkan kreatifitas agar peserta didik tertarik untuk menghafal surat-surat pendek, salah satu metode yang cocok diterapkan untuk mengkafal surat-surat pendek tersebut adalah dengan menggunakan metode talaqqi. Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana hafalan surat-surat pendek sebelum diterapkan metode talaqqi. (2) bagaimana hafalan surat-surat pendek sesudah diterapkan metode talaqqi. (3) apa saja faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan-hafalan surat pendek. Penelitian ini bertumpu pada penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan konstektual, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan sumber dari penelitian ini adalah surat-surat pendek dari juz’ama. Kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam melafalkan ayat, peserta didik masih takut akan kesalahan saat membaca surat-surat pendek, serta kurang kondusifnya suasana kelas merupakan faktor penghambat tercapainya kompetensi yang ingin dicapai. Namun, peran aktif orang tua yang turut mendukung anak-anak dalam menghafalkan juz’amma menjadi faktor pendukung tercapainya kompetensi yang ingin dicapai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan menghafal susrat-surat pendek di TK ABA Pete Margodadi Seyegan Sleman. Dibuktikan dengan data sebelum menggunakan metode ini tingkat ketercapaian hanya 53,33%, setelah menggunakan metode talaqqi tingkat keberhasilan mengalami peningkatan yaitu mencapai 80%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Hafidh Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I, |
Uncontrolled Keywords: | Hafalan surat-surat pendek, Anak Usia Dini, Metode Talaqqi. |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Drs. Mochammad Tantowi, M.Si. |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:23 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 09:23 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37920 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |