IMPLEMENTASI SENTRA IBADAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DI TK DARUSSALAM JUWIRING KLATEN

Apni Nuri Afwu, NIM. 15430099 (2019) IMPLEMENTASI SENTRA IBADAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DI TK DARUSSALAM JUWIRING KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SENTRA IBADAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DI TK DARUSSALAM JUWIRING KLATEN)
15430099_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SENTRA IBADAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DI TK DARUSSALAM JUWIRING KLATEN)
15430099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki program pembelajaran yang terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Agar tercapai tujuan dengan baik, perlu ada sinergitas antara sekolah dan orangtua. Materi penanaman nilai agama yang telah diberikan disekolah harus ada keberlanjutan di rumah melalui penciptaan suasana yang kondusif agar nilai agama dapat terinternalisasi dalam diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) implementasi sentra ibadah dalam mengembangkan nilai agam di TK Darussalam (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat sentra ibadah dalam mengembangkan nilai agama di TK Darussalam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis data kualitatif. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi sentra ibadah dalam mengembangkan nilai agama dan moral yaitu dengan 1) Implementasi sentra ibadah di TK Darussalam Juwiring Klaten dilakukan dalam tiga tahap: (a) Perencanaan meliputi penyusunan Prota, Prosem, RPPM dan RPPH. (b) Pelaksanaan meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, pijakan setelah main. (c) Evaluasi pelaksanaan model pembelajaran sentra ibadah, yaitu dengan melakukan penilaian berupa catatan anekdot, hasil karya dan ceklis. 2) Faktor pendukung implementasi sentra ibadah dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak di TK Darussalam Juwiring Klaten adalah : Metode atau program yang tepat , peserta didik sudah mengerti apa yang diajarkan pendidik., latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, SDM yang cukup baik, xi kurikulum yang sudah direncanakan, tempat wudhu dan shalat sudah ada. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran sentra ibadah dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak di TK Darussalam Juwiring Klaten adalah : Ruang sentra yang kurang kondusif, Sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hafidh „Aziz, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: sentra ibadah, nilai agama
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 11:09
Last Modified: 03 Feb 2020 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum