BEKAM ERA MILENIAL DI RUMAH BEKAM AVICENNA, PATUKAN, AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Living Hadis)

ALWI ANSORI, NIM. 15550036 (2019) BEKAM ERA MILENIAL DI RUMAH BEKAM AVICENNA, PATUKAN, AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BEKAM ERA MILENIAL DI RUMAH BEKAM AVICENNA, PATUKAN, AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Living Hadis))
15550036_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BEKAM ERA MILENIAL DI RUMAH BEKAM AVICENNA, PATUKAN, AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Living Hadis))
15550036_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini penulis mencoba discuss mengenai fenomena praktik bekam era milenial, di rumah bekam Avicenna yang terletak di daerah Patukan, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Metode pengobatan thibbun nabawi yakni bekam yang dipraktikkan secara langsung oleh dokter Irman Sukirman dan juga asistennya beliau bapak Sutarko yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit. Knowledge yang beliau lahirkan dari berbagai pengalaman praktik bersama yang di dalamnya menunjukkan makna social reception masyarakat tertentu terkait penggunaan dan pemaknaan hadis. Fokus tema dari penelitian skripsi ini yakni terkait dengan bagaimana praktik dan pemaknaan bekam yang dilakukan oleh terapis bekam dan pasien di rumah bekam Avicenna. Untuk penelitian ini maka penulis memilih metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu dengan melalui observasi partisipan maupun non-partisipan, dokumentasi, praktik, dan interview. Untuk memudahkan penulis dalam memaparkan isi pembahasan, mengetahui alasan pasien yang berobat dengan bekam, mengetahui reaksi atau perilaku generasi milenial sang pengguna gadget terhadap praktik bekam yaitu dengan analisis keseluruhan data, peragaan data, dan verifikasi data. Adapun konklusi atau hasil yang didapat dari penelitian dalam penulisan ini yakni praktik pengobatan bekam di rumah bekam Avicenna melayani terapi bekam, diagnosa, dan berbagai macam pengobatan herbal. Untuk terapi primer yang sering dilakukan terapis bekam Avicenna yaitu bekam dan herbal. Hal itu ditangani secara langsung oleh dokter Irman Sukirman dan salah satu asistennya bapak Sutarko, dan status beliau saat ini konsultan bekam dan herbal. Dari praktik ini ternyata dilandasi oleh hadis Nabi Muhammad Saw, dan berkeyakinan bahwa yang memberikan penyakit dan obatnya hanyalah Allah SWT. Bekam ini mampu menurunkan kadar gula darah seseorang apalagi pasien diabetes. Salah satu ekpresi pasien era ini mereka menikmati, dan mengekspresikannya di dunia maya seperti buru-buru membuat status di beranda. Jika dikaitkan antara makna penggunaan hadis bekam dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuannya Karl Mannheim mengenai tiga macam makna perilaku yakni: pertama, makna objektif-nya adalah pengobatan bekam, herbal merupakan praktik pengobatan yang berdasarkan sesuai dengan hadis-hadis Nabi Muhammad Saw, yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kedua, makna ekspresif yang menunjukkan kesembuhan, baik itu ketenangan jiwa dan raga dari penyakit yang dirasakan hingga selesai pengobatan. Ketiga, makna dokumenter yang berarti suatu praktik tersebut merupakan suatu kebudayaan yang menyeluruh, terapis dan pasien tidak sepenuhnya mengetahui hal itu. Adapun latar-belakang beliau dokter Irman Sukirman dalam dunia pengobatan nabi yaitu dari akademisi kedokteran UGM, pelatihan di berbagai daerah, dan berguru pada Tuan Haji Ismail di Malaysia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammmad Alfatih Suryadilaga, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Milenial, Bekam Avicena, Living Hadis
Subjects: Hadis > Hadis Hukum
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:01
Last Modified: 03 Feb 2020 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum