HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI DI FACEBOOK PADA SISWA SISWI MAN 2 YOGYAKARTA ANGKATAN 2018

Neneng Pujiyanti, NIM 15210039 (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI DI FACEBOOK PADA SISWA SISWI MAN 2 YOGYAKARTA ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI DI FACEBOOK PADA SISWA SISWI MAN 2 YOGYAKARTA ANGKATAN 2018)
15210009_BAB-I_V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI MEDIA TERHADAP SELEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI DI FACEBOOK PADA SISWA SISWI MAN 2 YOGYAKARTA ANGKATAN 2018)
15210009_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi adalah kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial untuk menjalin hubungan. Saat ini, komunikasi telah dibantu oleh perkembangan teknologi salah satunya internet. Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 63 juta pengguna dan 95% menggunakannya untuk mengakses media sosial. Facebook menjadi media sosial yang banyak diakses oleh remaja berusia 13-18 tahun dengan durasi 1-3 jam. Namun, facebook juga menjadi media sosial yang paling banyak menyebarkan hoaks. Informasi hoaks dapat dicegah dengan kemampuan literasi media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan literasi media dengan selektivitas penyebaran informasi di facebook. Penelitian ini dilakukan pada siswa MAN 2 Yogyakarta angkatan 2018 yang mengakses facebook. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 124 dan dipeoleh sampel sebanyak 95 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengambilan minimum sampel dengan rumus slovin dan dipilih sampel secara random melaui undian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori literasi media individual competence framwork dan teori perubahan sikap ( selektivitas). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun analisis yang digunakan adalah kolerasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan literasi media dengan selektivitas penyebaran informasi di facebook pada siswa-siswi MAN 2 Yogyakarta angkatan 2018 sebesar 0,327 dengan arah hubungan positif, artinya semakin tinggi kemampuan literasi media maka semakin tinggi pula kemampuan selektivitas penyebaran informasi di facebook siswa MAN 2 Yogyakarta angkatan 2018. Kata kunci: literasi media, facebook, hoaks, selektivitas informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, M.A.
Uncontrolled Keywords: literasi media, facebook, hoaks, selektivitas informasi.
Subjects: Sosial, Relasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:23
Last Modified: 13 Jul 2020 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum