PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI PADA PENGHITUNGAN BONUS KARYAWAN (STUDI KASUS : SERABINE.CO)

Sherly Andini, NIM. 15650015 (0019) PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI PADA PENGHITUNGAN BONUS KARYAWAN (STUDI KASUS : SERABINE.CO). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI PADA PENGHITUNGAN BONUS KARYAWAN (STUDI KASUS : SERABINE.CO))
15650015_BAB-I_VII_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI PADA PENGHITUNGAN BONUS KARYAWAN (STUDI KASUS : SERABINE.CO))
15650015_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pemberian bonus dalam sebuah perusahaan merupakan sebuah apresiasi atau penghargaan perusahaan terhadap karyawannya atas pengabdian dalam bekerja. Ini sangatlah baik agar tercipta hubungan yang harmonis antara karyawan dengan perusahaan. Hal ini juga dilakukan oleh Serabine.co yang memberikan penghargaan kepada karyawannya atas kinerjanya. Penghitungan bonus karyawan di Serabine.co masih menggunakan Microsoft Excel sehingga memungkinkan hasil penghitungan bonus karyawan kurang maksimal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil penghitungan bonus karyawan yang maksimal, Serabine.co membutuhkan sistem khusus untuk proses perhitungan bonus karyawan. Penelitian ini menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy metode Mamdani karena metode Mamdani sering digunakan untuk persoalan kendali logika fuzzy dan sesuai dengan proses input variabel kehadiran, tanggung jawab dan kedisiplinan. Dalam metode Mamdani untuk memperoleh hasil output diperlukan empat tahap, yaitu pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan dan defuzzyfikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penghitungan komputer sama hasilnya dengan hasil penghitungan manual dan hasil pengujian fungsionalitas menunjukan bahwa sistem sudah berfungsi 100% dan pengujian pengaksesan sistem menujukkan bahwa 60% responden sangat setuju dan 40% responden setuju terhadap kemudahan sistem yang telah dibangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maria Ulfa’ Siregar, S.Kom. MIT.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Inferensi Fuzzy, Metode Mamdani, Bonus Karyawan
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:40
Last Modified: 10 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum