PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN

DUWI ASTUTI, NIM: 14490038 (2019) PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN)
14490038_PRA BAB, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, CV.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN)
14490038_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Duwi Astuti, Pengaruh Manajemen Kearsipan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Skripsi, Yogyakrta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kerja pegawai, tingkat manajemen kearsipan dan pengaruh manajemen kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan manajemen kearsipan sebagai variabel independen dan efektivitas kerja sebagai variabel dependen. Responden dalam penelitian ini berjumlah 96 pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman yang bekerja dalam bidang kearsipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas kerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman dari 96 pegawai yang menjadi responden rata-rata memiliki tingkat efektivitas kerja yang rendah dengan rasio perbandingan 79,2% banding 20,8% pegawai yang memiliki tingkat efektivitas kerja tinggi. Artinya, mayoritas pegawai belum memenuhi indikator efektivitas kerja yang terdiri dari kuantitas kerja, kualitas kerja, pemanfaatan waktu, peningkatan kualitas SDM, adaptasi, prestasi kerja dan kepuasan kerja. (2)Mayoritas pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman menyatakan bahwa manajemen kearsipan yang diterapkan berjalan dengan baik sebesar 54,2%. Artinya, pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman didominasi oleh pegawai yang mampu mengelola arsip dengan baik mulai dari tahap pencatatan, penerimaan, pengorganisasian, distribusi, penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan hingga pemusnahan arsip, sehingga pekerjaan akan berjalan efektif. (3) Pengaruh manajemen kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai, hasil analisis uji regresi menunjukkan manajemen kearsipan berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai dengan dibuktikan besarnya nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan besarnya nilai korelasi product moment sebesar r hitung 0,495 > r tabel 0,202 pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan besarnya pengaruh variabel manajemen kearsipan terhadap tinggi rendahnya tingkat efektivitas kerja pegawai dibuktikan dengan nilai R square sebesar 0,245 yang artinya kontribusi manajemen kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai sebesar 24,5% sedangkan sisanya 73,5% efektivitas kerja dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya, peningkatan efektivitas kerja pegawai dapat diupayakan melalui pengelolaan manajemen kearsipan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: efektivitas kerja, manajemen, manajemen kearsipan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:43
Last Modified: 16 Sep 2020 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum