MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP SAINS QUR’AN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR

SERA AULIA FARHA, 14490058 (2019) MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP SAINS QUR’AN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP SAINS QUR’AN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR)
14490058 BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP SAINS QUR’AN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR)
14490058 BAB II_BAB III_BAB IV_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sera Aulia Farha. Manajemen Strategik untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru di SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab Lampung Timur. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019. Peranan guru dalam lembaga pendidikan adalah salah satu faktor meningkatnya mutu pendidikan di sekolah. Namun faktanya masih banyak permasalahan yang terjadi terkait profesionalitas guru. Permasalahan yang terjadi di SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab yaitu guru yang belum linier dengan kualifikasi akademik dan belum bersertifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen strategik yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab Pekalongan, Lampung Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik olah data dimulai dari transkrip, coding, grouping, comparing, dan menarasikan. Selanjutnya teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini dapat dirangkum: Pertama, proses manajemen strategik yang dilaksanakan di SMP Sains Qur’an MT ada 3 tahapan mulai dari: 1) perumusan strategi, dengan menganalisis lingkungan sekolah pada masa depan, merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah serta menganalis faktor internal dan eksternal, serta menentukan sasaran, target dan inisiatif strategi; 2) penerapan strategi, dengan menyusun tujuan tahunan yaitu RKT dan RAPBS jangka 1 tahun, implementasi perekrutan guru, dan kualifikasi akademik guru; 3) Penilaian/evaluasi strategi, dengan cara penilaian dari eksternal dan internal. Kedua, program-program sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan cara: 1) menanamkan prinsip “mengajar dengan panggilan hati bukan hati panggilan”; 2) kegiatan pelatihan IHT (in house training); 3) pendampingan dari internal; 4) pelatihan eksternal (MGMP, seminar, workshop), dan 5) analisis sidik jari (fingerprint analysis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Profesionalitas Guru, dan SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:43
Last Modified: 16 Sep 2020 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum