EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Anditya Zahrani Firdaus, NIM. 15420008 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420008__BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran roda putar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas X MAN Kota Tegal atau tidak. Ada beberapa submasalah yang akan dibahas pada skipsi ini yaitu 1) Bagaimana implementasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran roda putar dalam pembelajaran bahasa Arab? 2) Bagaimana tingkat signifikansi kemampuan memahami teks bahasa Arab siswa setelah diterapkannya media roda putar? Untuk menjawab masalah tersebut penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control group design yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media pembelajaran roda putar di kelas X MIPA 1 diawali dengan peneliti membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setelah itu salah satu dari perwakilan kelompok tersebut maju ke depan untuk memutar media roda putar dan mengambil soal untuk dijawab oleh kelompoknya. Jika kelompok tersebut tidak bisa menjawab, maka kelompok lain boleh menjawab pertanyaan tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran maju untuk memutar media roda putar. 2) Kemampuan pemahaman siswa terhadap teks setelah diterapkannya media pembelajaran roda putar mengalami perbedaan yang signifikan. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji Independent Samples T-Test dan menunjukkan hasil signifikansi 0,000 dan 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa kelompok eksperimen yang menggunakan media roda putar dapat diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Teks Bahasa Arab, Media Roda Putar
Subjects: Kesusastraan Arab > Semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:29
Last Modified: 20 Feb 2020 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum