HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK

Alfian Huda, 14480092 (2019) HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK)
14480092_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK)
14480092_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Alfian Huda, “Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V di SDIT Bina Anak Islam Krapyak”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Disposisi matematis dibutuhkan peserta didik dalam menunjang kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Peserta didik yang memiliki disposisi matematis diharapkan membantu proses belajar dalam memecahkan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu disposisi matematis peserta didik Kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah matematika Kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang peserta didik Kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mengukur disposisi matematis dan instrumen tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Adapun analisis data yang digunakan terdiri atas uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan cara melakukan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan pada pengujian hipotesis dilakukan dengan cara uji Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi masuk kategori sedang yaitu sebesar 0,523 dan taraf signifikansi (p) 0,004.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S. Pd, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:37
Last Modified: 02 Oct 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum