ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DAN XI PADA MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DAN AL-KITĀBAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 03 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Bai‟atur Ridwan, NIM. 15420016 (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DAN XI PADA MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DAN AL-KITĀBAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 03 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DAN XI PADA MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DAN AL-KITĀBAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 03 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420016_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DAN XI PADA MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DAN AL-KITĀBAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 03 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakangi dari penelitian ini jika dilihat dari problematika yang ada dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab khususnya dalam maharah al-qira‟ah dan al-kitabah di MAN 3 Bantul dalam membaca teks dan menulis materi pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu faktor pada internal dan faktor eksternal siswa. Pada penelitian deskriptif ini membahas tentang faktor kesulitan belajar bahasa Arab dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Kemudian analisis data tersebut menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk faktor yang menjadi penyebab masalah kesulitan belajar anak pada pelajaran bahasa Arab untuk kelas X dan XI jika dilihat dari faktor internal adalah faktor kesehatan siswa dan faktor kebiasaan belajar siswa. Sedangkan untuk faktor eksternal adalah faktor yang ada pada lingkungan sekolah MAN 3 Bantul. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan guru adalah 1) Menumbuhkan rasa suka dan gembira terhadap mata pelajaran bahasa Arab. selain itu guru juga menumbuhkan pemahaman bahwa bahasa Arab itu mudah. 2) Menghimbau para murid yang mengalami kesulitan dalam belajar itu untuk dapat mempelajari sendiri di rumah dan bertanya kepada teman. 3) Guru bersedia untuk mengajari siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan memberi tambahan jam belajar. 4) Guru menanyakan materi yang belum dipahami siswa dan mempersilahkan untuk bertanya. 5) Guru memperlakukan para siswa seperti teman. 6) Menghimbau untuk mengikuti ekstrakurikuler yang ada kaitannya dengan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan belajar, Maharah al-qira’ah dan al-kitabah
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Terjemah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Feb 2020 13:59
Last Modified: 20 Feb 2020 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum