PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019

Ita Purnamasari, 15480087 (2019) PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480087_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480087_BAB II_S.D_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ita Purnamasari, “Pengaruh Media Puzzle Aksara Jawa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III Di MIN 8 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman peserta didik kelas III terkait dengan aksara Jawa, alokasi waktu 2 jam pelajaran setiap minggu untuk pelajaran bahasa Jawa, keunikan bentuk aksara Jawa yang memerlukan kejelian dalam memahaminya, metode ceramah masih mendominasi pembelajran serta belum digunakan media pembelajaran dalam pelajaran bahasa Jawa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh media Puzzle aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Jawa kelas III di MIN 8 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain eksperimen dalam penelitian ini dengan menggunakan desain pre experimental . Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian pre experimental ini yaitu one grup pretest-posttest. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara tidak tersetruktur, dokumentasi, dan tes berupa pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik parametrik yaitu paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh penggunaan medi puzzle aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas III di MIN 8 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Terbukti dari hasil perhitungan Uji paired sample T-test dengan nilai t hitung (sig.2-tailed) = 0,000< 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media puzzle, Aksara Jawa, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:54
Last Modified: 02 Oct 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum