PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VIII MTsN 6 BANTUL

Nurul Mutmainnah, NIM: 17204010097 (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VIII MTsN 6 BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Other (PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VIII MTsN 6 BANTUL)
17204010097_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Other (PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VIII MTsN 6 BANTUL)
17204010097_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium komputer dan jaringan internet madrasah yaitu e-learning bahasa Arab berbasis moodle untuk siswa kelas VIII MTsN 6 Bantul, mengetahui kelayakan e-learning dan mengetahui penilaian siswa terhadap e-learning bahasa Arab yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang secara umum memiliki tiga tahapan yaitu Pertama, tahap perencanaan meliputi (1) mendefinisikan ruang lingkup batasan e-learning bahasa Arab; (2) mengidentifikasi karakteristik siswa; (3) sumber daya pendukung yang dimiliki sekolah; dan (4) melakukan brainstorming dengan guru mata pelajaran bahasa Arab dan teman sejawat. Kedua, tahap desain meliputi : (1) pembuatan flowchart; (2) melakukan analisis konsep; (3) membuat desain storyboard; (3) menentukan software; (4) menentukan activity yang menunjang pembelajaran. Ketiga, tahap pengembangan meliputi (1) pembuatan bahan presentasi, latihan dan tes kemampuan; (2) melakukan hosting; (3) menyusun, meng-uplode, dan mengatur konten e-learning; (4) membuat petunjuk penggunaan e-learning; (5) melakukan uji alpha (validasi oleh ahli); (6) revisi produk; (7) uji coba beta (pada kelas kecil); (8) revisi produk; (9) uji coba produk (pada kelas besar); (10) revisi produk akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) hasil penelitian ini adalah sebuah situs e-learning bahasa Arab berbasis moodle dengan domain https://arabiyahlearning.gnomio.com; 2) untuk mengukur kelayakan produk e-learning bahasa Arab dilakukan uji validasi oleh satu ahli media dan tiga ahli materi. Setelah dilakukan uji validasi media oleh ahli media, didapati rerata skor 4,67 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan dari aspek materi, ahli materi I dan ahli materi II memberikan rerata skor masing-masing 4,67 dengan kategori “Sangat Baik”, dan ahli materi III memberikan rerata skor 4,75 dengan kategori “Sangat Baik”; 3) adapun penilaian siswa terhadap e-learning yang dikembangkan mendapatkan rerata skor 4,46 dengan kategori “Baik” pada uji beta, dan mendapatkan rerata skor 4,72 dengan kategori “Sangat Baik” pada uji produk kelas besar. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa produk e-learning bahasa Arab berbasis moodle untuk siswa kelas VIII MTsN 6 Bantul mendapatkan respon positif dan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin A., M.Ag
Uncontrolled Keywords: e-learning, moodle, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Jul 2020 11:34
Last Modified: 21 Jul 2020 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum