STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Ami Kurnia, NIM.15140015 (2020) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15140015_BAB I_ BAB_TEARKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15140015_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka (Studi Kasus: Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan oleh pustakawan dalam mengadakan promosi kepada pemustaka mengenai keberadaan perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu dengan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan data triangulation, membercheck. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi promosi di Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu secara langsung (Personal Selling) dan mengunakan media sosial (Mass Selling). 1) Dalam kegiatan promosi secara Personal Selling dilakukan dengan cara komunikasi secara langsung antara pustakawan dan pemustaka dengan cara bertatap muka dan interaksi langsung. Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan mahasiswa dari Islam Kajian Gender (IKG) dengan cara mengadakan sosialisasi tentang perpustakaan atau kelas khusus gender. Pustakawan juga melayani para pemustaka dengan baik dan maksimal, pustakawan selalu tersenyum ramah dan sabar dalam menjalani tugasnya, pustakawan mampu berkomunikasi secara baik dengan pemustaka . 2) Mass Selling merupakan salah satu jenis promosi dengan menggunakan pendekatan media. Untuk media promosi secara Mass Selling Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mempunyai website pribadi yang dapat diakses oleh pemustaka melalui alamat http://psw.uinsuka.ac.id. Selain itu Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga memiliki media sosial Facebook yang beralamatkan https://www.facebook.com/ppgha.uinsunankalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha. S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Promosi, Strategi Promosi, Perpustakaan, Promosi Perpustakaan, Pusat Studi Wanita (PSW)
Subjects: Perpustakaan > Promosi Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:31
Last Modified: 16 Nov 2020 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum