TELAAH BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VI KURIKULUM 2013 KARYA A. SYAEKHUDIN TERBITAN ERLANGGA

Fathurrahman Fuad, NIM. 17204010025 (2019) TELAAH BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VI KURIKULUM 2013 KARYA A. SYAEKHUDIN TERBITAN ERLANGGA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TELAAH BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VI KURIKULUM 2013 KARYA A. SYAEKHUDIN TERBITAN ERLANGGA)
17204010025_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TELAAH BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VI KURIKULUM 2013 KARYA A. SYAEKHUDIN TERBITAN ERLANGGA)
17204010025_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Sarana yang dipakai siswa dalam melakukan proses pembelajaran adalah memakai buku ajar, banyak buku yang diperjual belikan namun tidak melihat dari segi kualitas buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku ajar bahasa Arab kelas VI Madrasah Ibtidaiyah sesuai dengan standar BSNP dan pendekatan Saintifik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan menggunakan library research lalu teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Kelayakan penyajian buku ajar menurut badan standar nasional pendidikan yaitu: (1) Kelayakan isi, (2) Kelayakan penyajian, (3) Kelayakan bahasa, (4) kelayakan kegrafika. kelayakan penyajian buku ajar menggunakan perspektif pendekatan saintifik yaitu: (1) bahan ajar yang berpusat pada siswa. (2) melibatkan keterampilan proses sains dalam mengkontruksi konsep, hukum atau prinsip. (3) melibatkan proses kognitif potensial untuk merangsang intelek, khususnya keterampilan berpiki tingkat tinggi. (4) dapat mengembangkan karakter siswa. Kriteria pembelajaran pendekatan saintifik sebagai berikut: (1) Materi pembelajaran berbasis fakta. (2) penjelasan guru, respon siswa interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subyektif. (3) mendorong siswa berpikir kritis, analitis dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran. (4) mendorong siswa berpikir dalam melihat perbedaan, kesamaan dan tautan satu dengan lain. (5) mendorong siswa memahami, menerapkan, mengembangkan pola pikir rasional dan objektif. (6) berbasis pada konsep, teori dan fakta empiri yang dapat dipertanggung jawabkan. (7) tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana, jelas dan sistem pembelajaran yang menarik. Hasil penelitian diketahui bahwa buku ajar ini layak sebagai pedoman guru dan sarana pembelajaran siswa, terbukti bahwa buku ini disusun dengan sistematis dan konsisten, penyajian materi yang menarik bahasa yang digunakan sederhana bagi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah, latihan soal yang diberikan bervariatif, hal ini berdasarkan perspektif BSNP. Materi yang diberikan berpusat pada siswa seperti isi materi ataupun soal latihan yang diberikan, materi yang diberikan menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, lalu tarkib yang disajikan pada buku telah sesuai dengan teori yang ada dan sederhana sehingga siswa mampu memahaminya. Dari hasil penelitinan ini juga terdapat kekurangan yang peneliti temukan sebagai berikut: kosakata tidak menggunakan terjemahan bahasa Indonesia, dan juga tidak terdapat terjemahan bahasa Indonesia pada setiap subbab, gambar yang disajikan hanya berwarna hitam dan putih.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nashiruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2020 13:30
Last Modified: 16 Apr 2020 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum