PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS GAMBAR UNTUK PENUNJANG PENGUASAAN MUFRODAT DI KELAS II MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL TA 2018/2019

Hadi Muhtarom, NIM. 17204010110 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS GAMBAR UNTUK PENUNJANG PENGUASAAN MUFRODAT DI KELAS II MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL TA 2018/2019. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS GAMBAR UNTUK PENUNJANG PENGUASAAN MUFRODAT DI KELAS II MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL TA 2018/2019)
17204010110_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS GAMBAR UNTUK PENUNJANG PENGUASAAN MUFRODAT DI KELAS II MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL TA 2018/2019)
17204010110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui probelmatika pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di MI Nurul Ulum Kretek Bantul dalam penguasaan mufrodat, mengetahui analisis kebutuhan model bahan ajar bahasa Arab berbasis gambar untuk menunjang penguasaan mufrodat di MI PP Nurul Ulum Kretek Bantul, dan mengahasilkan model bahan ajar berbasis gambar yang efektif untuk penunjang penguasaan mufrodat di MI PP Nurul Ulum Kretek Bantul. Untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar bahasa Arab berbasis gambar ini penulis menggunakan skala likert dengan kategori nilai SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), K (Kurang), SK (Sangat Kurang). Penilaian dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain serta 15 siswa MI Nurul Ulum Kretek Bantul. Hasil penelitian ini adalah produk buku bahan ajar yang berjudul “ALIF” (Al-lughah Al-arabiyah Lil Aulad). Buku bahan ajar ini terdiri dari (1) Sampul, (2) kata pengantar, (3) daftar isi, (4) SK & KD, (5) petunjuk penggunaan buku, (6) materi pokok yang terdiri dari kosakata, percakapan, qawa’id, dan latihan, (7) daftar pustaka. Hasil kelayakan uji coba produk didapatkan dari skor penilaian ahli materi pada aspek isi/materi menghasilkan rata-rata 3,89 dengan kategori “Baik” dan pada aspek pembelajaran juga menghasilkan skor rata-rata 3,89 dengan kategori “Baik”. Sedangkan hari ahli desain, pada aspek tampilan menghasilkan skor penilaian rata-rata 4,56 dengan kategori “Sangat Baik”, pada aspek penyajian menghasikan skor penilaian rata-rata 3,85 dengan kategori “Baik”. Sedangkan tanggapan siswa terhadap materi dan desain buku ajar yang telah dikembangkan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa 83% siswa kelas II MI Nurul Ulum menyatakan "puas”. Kemudian dari analisis hasil tugas yang dikerjakan siswa sebagai data pendukung diperoleh nilai rata-rata yaitu 82,71, nilai tersebut sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dari hasil uji kelayakan ahli materi dan ahli desain, tanggapan dan hasil tugas siswa dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Arab berbasis gambar untuk penguasaan mufrodat di kelas II MI Nurul Ulum Kretek Bantul ini layak digunakan sebagai salah satu buku bahan ajar untuk siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin Ahmad
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Berbasis Gambar, Mufrodat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Apr 2020 10:48
Last Modified: 23 Apr 2020 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum