EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ MANZUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA

SUSANTI, 15420050 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ MANZUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ MANZUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA)
15420050_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ MANZUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA)
15420050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Susanti. 15420050. Efektivitas Pembelajaran Imla’ Manzur Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan metode pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab di MTs Negeri 4 Sleman. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran imla’ manzur sebagai sebuah inovasi pemanfaatan metode belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab dengan metode imla’ manzur, (2) Mengetahui efektivitas pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab dengan metode pembelajaran imla’ manzur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Sleman, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design, obyek yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test melalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran imla’ manzur di kelas VII A diawali dengan guru memperlihatkan materi imla’, lalu guru membacakannya satu kali, guru menghilangkan materi tersebut dan membacakan setiap butir soal sebanyak dua kali, kemudian siswa menulis materi tersebut di lembar jawaban yang disediakan dan penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab siswa setelah menerapkan pembelajaran imla’ manzur mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 52,08 menjadi 78,57. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan xv pada analisis data melalui uji independent sample t-test dan menunjukkan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima. Dan dari hasil analisis semua data, metode pembelajaran imla’ manzur efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 4 Sleman. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran Imla’ Manzur, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd. I.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode, Pembelajaran Imla’ Manzur, Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 12 Aug 2020 20:20
Last Modified: 21 Aug 2020 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum