EKSPERIMENTASI MEDIA RUBIK BERBASIS TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPS MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nisa Fahmi Huda, 15420053 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA RUBIK BERBASIS TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPS MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA RUBIK BERBASIS TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPS MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420053_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA RUBIK BERBASIS TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPS MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nisa Fahmi Huda. 15420053. Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di MAN 4 Bantul Yogyakarta masih monoton dengan metode langsung (Thariqah Mubasyarah) serta kurang dalam menerapkan media pembelajaran. Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab “Rubik Berbasis Teka-teki Silang” sebagai suatu media pembelajaran alternatif. Penulis juga berharap bahwa media permainan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penguasaan kosa kata (mufradat) bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media “media rubik berbasis teka-teki silang” dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. (2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. (3) mengetahui seberapa besar peningkatan media rubik berbasis teka-teki silang dalam meningkatkan penguasaan koksa kata bahasa Arab pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian classikal eksperimen. Sampel ini adalah kelas X IPS 2 dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. teknik pengumulan data menggunakan teknik test, wawancara, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Control Group Design sebgai desain eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media rubik berbasis teka-teki silang. siswa membentuk kelompok menjadi 4 masing-masing kelompok teridiri dari 4-5 orang dan mendiskusikan mufradat dengan permainan “rubik berbasis teka-teki silang” pada kolom rubik yang kosong. (2) Sebagaimana hasil pretest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig. 0.039 < 0.05. hasil xvi posttest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig 0.00 < 0.05. diperkuat dengan analisis uji-paired sample test antara posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan taraf signifikansi 0.033 < 0.05 sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan. (3) Peningkatan hasil belajar kosakata siswa setelah dilakukan treatment kepada kelompok eksperimen, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kelompok eksperimen sebesar 21.94 dan kelompok kontrol 6.56 hal ini membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan “Rubik Berbasis Tekateki Silang”, Pembelajaran Mufradat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan “Rubik Berbasis Tekateki Silang”, Pembelajaran Mufradat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 12 Aug 2020 21:24
Last Modified: 12 Aug 2020 21:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum