ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS DI SENTRA INDUSTRI KECIL PAHAT BATU DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019)

NORROCHMAH PUJIASTUTI, 15810028 (2019) ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS DI SENTRA INDUSTRI KECIL PAHAT BATU DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS DI SENTRA INDUSTRI KECIL PAHAT BATU DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019))
15810028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS DI SENTRA INDUSTRI KECIL PAHAT BATU DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019))
15810028_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu indikator untuk menilai keberhasilan dari pembangunan ekonomi suatu daerah dapat dilihat dari kesempatan kerja yang diciptakan. Pengembangan industri kecil dinilai besar perananya guna mengurangi angka pengangguran karena teknologi yang digunakan adalah teknologi padat karya, sehingga bisa meningkatkan kesempatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pahat batu di kabupaten Magelang, dimana industri kecil tersebut masih mampu bersaing dan bertahan, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu usaha strategis dalam upaya pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuisioner dan wawancara secara langsung kepada responden dengan dibantu daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Ada 35 responden pengusaha pahat batu di Kabupaten Magelang yang menjadi objek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang dibantu oleh program eviews 9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal, upah dan tingkat output berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pahat batu di Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SLAMET KHILMI, M.SI.
Uncontrolled Keywords: penyerapan tenaga kerja, modal, upah, dan tingkat output.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 21 Aug 2020 14:05
Last Modified: 21 Aug 2020 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum