ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHA̅RAH AL QIRA̅ ’AH KELAS VII C MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI

HUSNA FAUZIYYAH, NIM: 15420023 (2019) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHA̅RAH AL QIRA̅ ’AH KELAS VII C MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHA̅RAH AL QIRA̅ ’AH KELAS VII C MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420023_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHA̅RAH AL QIRA̅ ’AH KELAS VII C MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420023_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

HUSNA FAUZIYYAH. Analisis Kesulitan Pembelajaran Bahasa Arab Maha̅ rah Al Qira̅ ’ah Kelas VII C MTs Yapi Pakem Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemebelajaran maha̅ rah al qira̅ ’ah di kelas VII C MTs Yapi Pakem Sleman, kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa, baik dari segi linguistik maupun non linguistik, serta upaya pihak madrasah maupun guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan tersebut, sehingga tujuan pembelajaran bahasa Arab khusunya pada maha̅ rah al qira̅ ’ah dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII C MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran maha̅ rah al qira̅ ’ah di kelas VII C MTs lebih menitikberatkan pada latihan membaca teks berbahasa Arab dan penguasaan kosakata. (2) kesulitan yang dialami siswa meliputi dua aspek, yaitu linguistik dan non linguistik. Kesulitan linguistik meliputi (a) fonologi, berupa kesulitan dalam melafalkan beberapa huruf Arab, kesulitan dalam membedakan harakat, kesulitan dalam membedakan alif lam qomariyah maupun alif lam syamsiah (b) aspek semantik, berupa kesulitan dalam menerjemahkan teks berbhasa Arab dan kurangnya kemampuan dalam membuat kalimat dengan baik (c) sintaksis, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan suatu kata bahasa Arab dalam sebuah kalimat, dalam hal ini berupa kesulitan dalam penerapan isim dhomir dan isim isyarah. Kesulitan non linguistik berupa (a) siswa, yaitu kurangnya motivasi belajar dan latar belakang pendidikan siswa yang bergam, (b) guru, yaitu kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas dan kurangnya kemampuan dalam memberikan metode yang aktif, kreatif, dan menarik, (c) lingkungan, baik lingkungan sekolah, lingkungan di rumah, maupun lingkungan pergaulan sosial siswa yang kurang kondusif. Adapun upaya yang dilakukan pihak madrasah maupun guru bahasa Arab meliputi, (a) diadakannya jam tambahan untuk pembelajaran membaca Al Qur’an dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Arab (b) mengajar siswa dengan berulang-ulang dan secara pelan-pelan, agar siswa benar-benar dapat memahami apa yang disampaikan (c) melatih siswa dalam memperkaya kosakata untuk menunjang kemampuan bahasa Arab, khususnya pada maha̅ rah al qira̅ ’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Svamsuddin Asrofi, MM.
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan, pembelajaran bahasa arab, maha̅ rah al qira̅ ’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:23
Last Modified: 16 Nov 2020 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum