PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB

Nur Fajar Rejeki, NIM : 15420028 (2019) PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB)
15420028_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB)
15420028_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

NUR FAJAR REJEKI. Pemikiran Mahmud Yunus tentang Pengajaran Bahasa Arab dalam Metodik Khusus Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini tentang Pemikiran Mahmud Yunus tentang Pengajaran Bahasa Arab dalam Metodik Khusus Bahasa Arab dilatar belakangi oleh pentingnya memilih metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab, karena hal tersebut berkaitan dengan daya tarik siswa dalam menerima pembelajaran dan juga berpengaruh terhadap tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran bahasa Arab Mahmud Yunus dalam Metodik Khusus Bahasa Arab dan juga relevansinya dengan tujuan Pendidikan Bahasa Arab Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Secara lebih khusus jenis penelitian dalam kualitatif ini termasuk penelitian keperpustakaan (library/literaty research), yakni dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari penelitian sebelumnya. Sumber data yang digunakan adalah berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten (isi), analisis historis (sejarah), dan analis deskriptif (penggambaran). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokmentasi dan juga teknik studi pustaka, yakni dimulai dengan mengumpulkan data kepustakaan ataupun beragam informasi berupa materi di ruang perpustakaan berkenaan dengan topik yang dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan Mahmud Yunus adalah adalah Metode Langsung (Direct Method/ at-Thariqah al-Mubasyirah), yakni suatu metode yang dalam pembelajarannya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dan dialektika dalam proses pembelajarannya. Kedua, metode yang diangkat oleh Mahmud Yunus itu sangat relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan bahasa Arab saat ini, dan mengandung nilai kesesuaian terhadap tujuan pendidikan bahasa Arab berdasarkan Kurikulum 2013 yakni mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kemahiran berbahasa, yakni keterampilan mendengarkan (maha>ratu al istima’), keterampilan berbicara (maha>ratu al-kala>m), keterampilan membaca (maha>ratu al-qira>ah), dan keterampilan menulis (maha>ratu al-kita>bah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Mahmud Yunus, Metodik Khusus Bahasa Arab, Metode Langsung
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:23
Last Modified: 16 Nov 2020 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum