PENGARUH PRESTASI BACA TULIS AL QURAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Laili Isna Fatkhurrahmah, NIM.15420034 (2019) PENGARUH PRESTASI BACA TULIS AL QURAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRESTASI BACA TULIS AL QURAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420034_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRESTASI BACA TULIS AL QURAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Laili Isna Fatkhurrahmah. (15420034). “Pengaruh Prestasi Baca Tulis Al Quran terhadap Kemampuan Bahasa Arab Siswa Di MTs Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi baca tulis al quran terhadap kemampuan Bahasa Arab Siswa di MTs Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019 dengan melihat nilai siswa pada kedua variabel tersebut sebagai representasi prestasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS 24,00 untuk diketahui besaran pegaruhnya. Proses analisis tersebut dilakukan dengan langkahlangkah yaitu 1) melihat nilai siswa pada kedua variabel tersebut (ekstrakulikuler Baca Tulis Al Quran dan mata pelajaran Bahasa Arab) 2) mengolah data tersebut dengan menggunakan program SPSS 24,00 guna mengetahui distribusi nilai pada masing-masing variable, 3) mengolah data tersebut dengan menggunakan program SPSS 24,00 guna mengetahui keterkaitan (linieritas) antara ekstrakulikuler Baca Tulis Al Quran dan mata pelajaran Bahasa Arab, 4) mendeskripsikan data angka, dan 5) menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun nilai siswa pada kedua variabel tidak terdistribusi dengan normal akan tetapi hasil pengujian menunjukkan adanya linieritas antara kedua variabel. Itu berarti menunjukkan adanya hubungan yang linier antara prestasi ekstrakulikuler Baca Tulis Al Quran dan mata pelajaran Bahasa Arab yang peneliti teliti pada siswa MTs Negeri 1 Bantul semester II tahun ajaran 2018/2019. Semakin tinggi prestasi siswa dalam ekstrakulikuler Baca Tulis Al Quran maka semakin tinggi pula nilai yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. Adzfar Ammar.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Baca Tulis Al Quran, Kemampuan Qira’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:23
Last Modified: 16 Nov 2020 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum