KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KITAB KUNING

Luthfiyana Nur Rohmah, NIM: 15420079 (2019) KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KITAB KUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KITAB KUNING)
15420079_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KITAB KUNING)
15420079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

LUTHFIYANA NUR ROHMAH (15420079). Korelasi Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Terhadap Kemampuan Memahami Kitab Kuning. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan UIN SUNAN KALIJAGA, 2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan memahami kitab kuning terhadap motivasi belajar bahasa Arab; dan adakah perbedaan tingkat motivasi antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan redah dalam memahami kitab kuning terkhusus pada siswa kelas XI di MA Nurul Ummah Kotagede. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Nurul Ummah, salah satu guru pengampu kitab kuning, dengan menggunakan kuantitatif deskriptif statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test, kuesioner / angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi korelasi sebesar 0,098. Pedoman pengambilan keputusan ialah nilai signifikan > 0,05, maka tidak berkorelasi. Oleh karena itu 0,098 > 0,05 = tidak berkorelasi atau tidak berhubungan. Hubungan pada siswa belum tentu terjadi, artinya siswa berkemampuan tinggi belum tentu mempunyai motivasi tinggi, begitu juga dengan sebaliknya. Perbedaan tingkat motivasi dilakukan pada proses uji hipotesis. Hasil hipotesis menunjukan nilai to sebesar -1,129 dengan nilai df= 50. Maka diperoleh harga kritik ―t‖ pada taraf signifikan 5% = 2,01, pada taraf 1% = 2,68. Dapat dilihat bahwa harga to lebih kecil dari tt (-1,129 < 2,01 < 2,68), dengan demikian Ho diterima bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar bahasa Arab antara siswa berkemampuan tinggi dengan siswa berkemampuan rendah dalam memahami kitab kuning di MA Nurul ummah Kotagede

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kitab Kuning, Motivasi belajar bahasa Arab, Signifikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:31
Last Modified: 16 Nov 2020 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum