PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS YAPI PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI

Amrik Wijayanti, NIM. 15420082 JURUSAN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS YAPI PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS YAPI PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420082_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS YAPI PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420082_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amrik Wijayanti, Pengembangan Media Kotak dan Kartu Misterius dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kotak dan kartu misterius dalam pembelajaran bahasa Arab, mengetahui respon siswa terhadap media kotak dan kartu misterius dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Yapi Pakem. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 9 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tersusunnya media kotak dan kartu misterius dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan kriteria “Sangat Baik” berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 90% penilaian ahli media dengan persentase 88,33% dan penilaian peer reviewer dengan persentase 90%. 2) Respon siswa terhadap media dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori “Positif” dengan persentase 88,95% dan hasil nilai rata-rata pre-test kelompok terbatas 42, kelompok luas 41 dan hasil nilai rata-rata post-test kelompok terbatas 70, kelompok luas 57. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media kotak dan kartu misterius terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M,Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kotak dan Kartu Misterius
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:31
Last Modified: 16 Nov 2020 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum