EKSPERIMENTASI STRATEGI TASYJI’ AL-LUGHAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT BAHASA ARAB DI KELAS X MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Muhammad Abduh Al Fais, NIM : 15420088 (2019) EKSPERIMENTASI STRATEGI TASYJI’ AL-LUGHAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT BAHASA ARAB DI KELAS X MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI TASYJI’ AL-LUGHAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT BAHASA ARAB DI KELAS X MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420088_BAB-I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI TASYJI’ AL-LUGHAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT BAHASA ARAB DI KELAS X MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420088_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Muhammad Abduh Al Fais. 15420088. Eksperimentasi Strategi Tasyji‟ Al-lughah Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Kelas X di MAN 1 Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta bahwa strategi pembelajaran mufradat yang diterapkan di MAN 1 Sleman masih monoton dan kurangnya bimbingan terhadap siswa untuk menghafalkan mufradat. Oleh sebab itu penulis mencoba menerapkan strategi Tasyji’ Al-lughah sebagai suatu strategi pembelajaran alternatif. Penulis juga berharap bahwa strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan strategi Tasyji’ Al-lughoh dalam pembelajaran mufradât bahasa Arab di kelas X MAN 1 Sleman tahun pelajaran 2018/2019. (2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Sampel ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. teknik pengumulan data menggunakan teknik test, wawancara, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Control Group Design sebgai desain eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran mufradat bahasa Arab menggunakan strategi Tasyji‟ Al-lughah. Peserta didik menulis mufradat yang diberikan oleh guru. Kemudian peserta didik menghafalkan dengan mengulang-ngulang mufradat dengan di bimbing oleh guru. Kemudian peserta didik berlatih membuat kalimat menggunakan mufradat yang telah dihafalkan sebelumnya.(2) Sebagaimana hasil rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen sebesar 66,86 menjadi 86,77 dan kelompok kontrol memiliki nilai pretest semula 66,23 menjadi 76,73. Masing-masing kelompok memiliki peningkatan terhadap penguasaan mufradat bahasa Arab, kelompok eksperimen 19,91 dan kelompok kontrol 10,50, sehingga nilai kelompok eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelompok kontrol dan memiliki perbedaan yang signifikan. Selain itu diperkuat dengan analisis uji Wilcoxon antara pretest-posttest kelompok eksperimen dan pretest-posttest kelompok kontrol menunjukkan taraf signifikansi 0.000 < 0.05 dan disimpulkan bahwa Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tasyji’ Al-lughah, Pembelajaran Mufradat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum