FAKTOR. FAKTOR YANG M EMPENGARUHI KEBE RHASILAN IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN JUJTJHAN ILIR KABUPATEN BUNGO.JAMBI

AINIL FIIADILAH, 16208010001 (2019) FAKTOR. FAKTOR YANG M EMPENGARUHI KEBE RHASILAN IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN JUJTJHAN ILIR KABUPATEN BUNGO.JAMBI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FAKTOR. FAKTOR YANG M EMPENGARUHI KEBE RHASILAN IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN JUJTJHAN ILIR KABUPATEN BUNGO.JAMBI)
16208010001_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR. FAKTOR YANG M EMPENGARUHI KEBE RHASILAN IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN JUJTJHAN ILIR KABUPATEN BUNGO.JAMBI)
16208010001_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Alokasi dana desa merupakan salah satu program kerja yang telah berlangsung sejak diberlakukannya UU Nomor 6 tahun 2014 pasal 72 ayat (1) tentang Desa, PP RI Nomor 22 tahun 2015 tentang Dana Desa. Program alokasi dana desa ini tentunya suatu terobosan yang sangat baik dan positif bagi seluruh masyarakat terutama masyarakat di pedesaan, karena alokasi dana desa ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan desa, seperti insfrastruktur, peningkatan ekonomi dan pembinaan masyarakat. Dalam keberhasilan upaya pengimplementasian alokasi dana desa yang baik ialah terjalinnya komunikasi yang baik terhadap stakeholder terkait baik stakeholder internal maupun eksternal, karena peran stakeholder disini tentunya sangat penting untuk mengupayakan segala bentuk kinerja menjadi lebih baik dan berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi alokasi dana desa di Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo-Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanantif kuantitatif. Variabel independen meliputi Sumber Daya Manusia, Komitmen, Motivasi, Pelatihan, Sistem Audit Internal dan Variabel dependen yaitu Keberhasilan Implementasi Alokasi Dana Desa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur dan perangkat yang langsung terlibat dan mengetahui tentang pengelolaan alokasi dana desa di Kecamatan Jujuhan Ilir yakni sebanyak 87 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yaitu mendata secara keseluruhan populasi yang ada. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Sumber Daya Manusia, Komitmen, Motivasi, Pelatihan, dan Sistem Audit Internal mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Implementasi Alokasi Dana Desa di Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo-Jambi. Secara parsial variabel Sumber Daya Manusia, Komitmen, Pelatihan, Sistem Audit Internal mempunyai pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel Motivasi tidak berpengaruh terhadap Keberhasilan Implementasi Alokasi Dana Desa di Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten BungoJambi. Kemampuan dari kelima variabel tersebut terhadap Keberhasilan Implementasi Alokasi Dana Desa dalam penelitian ini sebesar 85,6% sedangkan sisanya 14,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sunaryati, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: dana desa, penyerapan anggaran desa, pemerintahan desa
Subjects: Pembangunan Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:04
Last Modified: 08 Sep 2020 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum