KAJIAN NETNOGRAFI TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH ANGGOTA ROHIS SMAN 8 YOGYAKARTA

Aulia Putri Meidina, NIM. 16210001 (2020) KAJIAN NETNOGRAFI TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH ANGGOTA ROHIS SMAN 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN NETNOGRAFI TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH ANGGOTA ROHIS SMAN 8 YOGYAKARTA)
16210001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN NETNOGRAFI TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH ANGGOTA ROHIS SMAN 8 YOGYAKARTA)
16210001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Social Media atau media sosial merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang komunikasi. Media sosial dengan segala kemudahan yang ditawarkannya kemudian berkembang tidak hanya sekedar menjadi media komunikasi, lebih jauh media sosial bahkan menghadirkan ruang virtual yang menjadi simulasi kehidupan sosial dimana semua bisa melakukan apa saja. Kehadiran ruang virtual yang tercipta dari media sosial ternyata memunculkan fenomena unik dimana para aktifis dakwah juga memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyampaikan pesan dakwah. Fenomena pemanfaatan media sosial sebagai media dakwah juga terjadi pada kelompok rohis SMA N 8 Yogyakarta. Baik secara personal, maupun kelompok mereka memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah. Uniknya mereka miliki aturan tersendiri dalam mempercayai dan memilih sumber kajian dakwah di media sosial. Mereka juga membuat grup di aplikasi media sosial Line yang bernama “Never Ending Syar’i”. Grup tersebut difungsikan secara khusus khususnya untuk koordinasi kegiatan rohis dan berbagi informasi dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan netnografi atau etnografi virtual. Jenis penelitian ini adalah kualitatif untuk melihat fenomena sosial yang terjadi pada ruang virtual milik rohis SMA N 8 Yogyakarta. Hasil penelitian ini, penulis menemukan bentuk perilaku penggunaan media sosial yang mempengaruhi pemahaman keagaman mereka, dan potret interaksi simbolik yang terjadi pada grup Line rohis SMA N 8 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni. M.A.
Uncontrolled Keywords: Media sosial, dakwah
Subjects: Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Sep 2020 10:28
Last Modified: 14 Sep 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum