FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERPUSTAKAAN SMP N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR

AULIA RAHAYU - NIM. 05140028 (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERPUSTAKAAN SMP N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERPUSTAKAAN SMP N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
file 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERPUSTAKAAN SMP N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
file 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peran Perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta Sebagai Sumber Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang peran perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta dan faktor-faktor yang mempengaruhi perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta sebagai sumber belajar. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipasi moderat, wawancara semiterstruktur secara mendalam, dan yang terakhir dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan pengujian validitas data dan reliabilitas penelitian dengan cara uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Hasil dari penelitian diketahui bahwa perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta berperan sebagai sumber belajar karena fungsinya sebagai pusat informasi dan pendidikan yang membantu proses belajar mengajar di sekolah, serta wahana rekreasi dan kebudayaan yang menambah dan memperluas wawasan para penggunanya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta sebagai sumber belajar antara lain, adalah : 1) Adanya kebijakan kepala SMP N 2 Yogyakarta yang mendukung kemajuan perpustakaan sebagai sumber belajar. 2) Kinerja pustakawan yang baik namun jumlahnya belum memadai dalam pelayanan terhadap pengguna. 3) Koleksi perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta yang sesuai dengan kurikulum dan uptodate. Hanya belum menyediakan buku paket tentang pendidikan agama Kristen. 4) Penataan ruang perpustakaan, pencahayaan dan sirkulasi udara baik, akan tetapi keadaan ruang belum tertata secara rapi. 5) Perabot dan peralatan perpustakaan yang memadai. Namun pada jumlah unit komputer yang digunakan bagi siswa untuk internet masih kurang. Adapun saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan demi kemajuan perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta: a)Menambah tenaga perpustakaan agar siswa dapat terlayani dengan baik dan merata sehingga siswa pun senang belajar dan memanfaatkan perpustakaan beserta koleksi dan fasilitasnya sebagai sumber belajar. b)Perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta hendaknya mengadakan buku panduan mata pelajaran agama Kristen/katolik guna mempermudah proses kegiatan belajar mata pelajaran tersebut dan tidak perlu jauh-jauh keluar sekolah untuk mencari buku panduan. c)Menata ruang perpustakaan dengan baik agar siswa merasa lebih nyaman saat belajar di perpustakaan. d)Perpustakaan SMP N 2 Yogyakarta hendaknya juga menambahkan beberapa unit komputer lagi agar tidak terjadi antrian yang panjang saat ingin menggunakannya sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrikhuddin, S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: peran perpustakaan sekolah, sumber belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 11:05
Last Modified: 08 Aug 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum